Antisipasi Covid-19, Pemko Medan Terbitkan Perwal Karantina Kesehatan

Stepanus Purba ยท Kamis, 30 April 2020 - 14:57:00 WIB
 Antisipasi Covid-19, Pemko Medan Terbitkan Perwal Karantina Kesehatan
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution. (Foto: Antara)

MEDAN, iNews.id - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Karantina Kesehatan. Perwal ini dinilai akan menjadi solusi penanganan penyebaran Covid-19 di Kota Medan. Perwal ini akan efektif diberlakukan Pemko Medan pada Jumat (1/5/2020) besok.

AKhyar menegaskan bahwa pembuatan perwal ini sudah berdasarkan pertimbangan yang matang serta melihat kondisi di Kota Medan. Salah satu poin dalam perwal yakni, skrining pembatasan pergerakan orang di wilayah Kota Medan. Melalui perwal tersebut, warga Kota Medan juga diwajibkan menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah.

"Pada tahap awal ini semuanya wajib pakai masker. Karena masker sudah banyak beredar. Jadi tidak ada alasan tidak pakai masker," kata Akhyar, Kamis (30/4/2020).

Masih kata Akhyar, Pemko Medan akan mendistribusikan 3.000 masker ke setiap kelurahan di wilayah Kota Medan.

Melalui perwal, Pemko Medan juga akan membatasi pergerakan warga yang terindikasi bagian dari orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ringan.

"Orang-orang tersebut nantinya wajib dikarantina rumah serta diberikan hak hidupnya yang standar dan layak menurut kemampuan yang ada," katanya.

Untuk sanksi kepada warga yang melanggar Perwal ini, Akhyar menambahkan nantinya akan ada sanksi yang bersifat administratif.

"Ada juga yang ditangani pihak kepolisian," ujarnya.


Editor : Stepanus Purba