Akhyar Nasution: Medan Baru Bisa Masuk New Normal Dalam Satu Bulan

Stepanus Purba ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 14:45:00 WIB
Akhyar Nasution: Medan Baru Bisa Masuk New Normal Dalam Satu Bulan
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution. (Foto: iNews/Aminoer Rasyid)

MEDAN, iNews.id – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan Kota Medan membutuhkan waktu selama satu bulan untuk bisa menerapkan new normal. Hal ini karena ibu kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini masih berstatus zona merah Covid-19 dan penyebaran masih terus terjadi.

Akhyar mengatakan, untuk bisa menerapkan new normal, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan harus menyiapkan sejumlah infrastuktur untuk mendukung tatanan kehidupan baru akibat pandemi Covid-19. Tak hanya itu, kesadaran masyarakat untuk menerapkan new normal ini menjadi kunci utama nantinya.

“Saat ini kita masih dalam tahapan pra-new normal. Kita masih berupaya mengendalikan penyebaran. Dan dalam satu bulan, kita bisa masuk ke new normal,” kata Akhyar, Rabu (10/6/2020).

Selain menyiapkan infrastruktur, hal lain yang menjadi fokus adalah penanganan kasus Covid-19 khususnya di kawasan dengan tren penyebaran yang tertinggi. Saat ini, Kecamatan Medan Area dan Medan Denai menjadi dua kecamatan kasus Covid-19 tertinggi di Medan.

Untuk dua kawasan ini kata dia, Pemko Medan merencanakan akan menggelar rapid test massal kepada masyarakat dalam rangka pelacakan penyebaran Covid-19 dan mengumpulkan data sebanyak mungkin. Akhyar mengaku sudah meminta Kapala Dinas Kesehatan untuk bekerja sama dengan rumah sakit yang ada untuk rapid test massal.

“Kami berharap dapat mengumpulkan sebanyak mungkin data sehingga bila ada yang ditemukan terpapar supaya bisa langsung ditangani dan dicegah penyebarannya,” ucapnya.

Akhyar menuturkan rapid test untuk masyarakat di Kecamatan Medan Area dan Medan Denai dapat dilaksanakan minggu ini.

“Target saya minggu ini untuk rapid test massal,” ucapnya.

Berdasarkan update Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan per 9 Juni, saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Medan mencapai 421 kasus. Sebanyak 122 di antaranya sembuh sementara 33 orang telah meninggal.


Editor : Stepanus Purba