Banjir Landa Labura, Ratusan Rumah Warga Bandar Durian Terendam

Antara ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 13:24:00 WIB
Banjir Landa Labura, Ratusan Rumah Warga Bandar Durian Terendam
Banjir yang melanda kawasan Bandar Durian, Labura hingga mengakibatkan badan Jalinsum terendam air, Jumat pagi. (Foto: ANTARA/HO)

AEKKANOPAN, iNews.id - Banjir melanda sejumlah daerah di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara (Sumut), Jumat (24/7/2020) pagi. Akibatnya, ratusan rumah terendam air hingga menyebabkan perlambatan arus Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Desa Bandar Durian, Kecamatan Aeknatas.

Anggota DPRD Labura H Ari Susilo Palopo Siregar yang rumahnya tidak jauh dari Jembatan Bandar Durian mengatakan, puncak banjir terjadi pada pukul 05.00 WIB.

"Di sini saja yang terendam banjir ada sekitar 180 rumah,” katanya, Jumat (24/7/2020).

Menurutnya, kondisi arus lalu lintas di jalinsum sudah mulai lancar. Hal ini setelah petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial dan polisi serta dibantu warga turun ke lokasi banjir.

"Dinas Sosial juga telah buat dapur umum untuk warga terdampak banjri,” ujarnya.

Selain di tempat tinggalnya, beberapa desa yang wilayahnya di aliran Sungai Aeknatas terdampak banjir, seperti di Adian Torop.

"Tapi saya belum tahu berapa jumlah rumah yang terendam atau korban akibat banjir ini,” ucapnya.

Diketahui, Bandar Durian sudah menjadi langganan banjir. Hampir tiap tahun, warga kawasan terseebut terdampak banjir akibat luapan air sungai.


Editor : Donald Karouw