Banjir Rob Rendam Ribuan Rumah di Kota Medan, Aktivitas Warga Terganggu

Yudha Bahar ยท Kamis, 09 April 2020 - 20:30 WIB
Banjir Rob Rendam Ribuan Rumah di Kota Medan, Aktivitas Warga Terganggu
Warga Belawan Medan, Kota Medan bermain air banjir rob yang merendam wilayah mereka, Kamis (9/4/2020). (Foto: iNews/Yudha Bahar)

MEDAN, iNews.id – Banjir rob merendam ribuan rumah warga di  Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/4/2020) sore.

Pasang air laut setinggi paha orang dewasa ini juga merendam jalan raya dari dan menuju Pelabuhan Belawan. Akibatnya, aktivitas warga terganggu.

Warga Medan Belawan, Ferizal Maratis mengatakan, banjir rob sudah terjadi sejak tiga hari lalu. “Sudah tiga hari ini. Banjir pasang air laut ini naik ke rumah warga dan merendam jalan,” katanya, Kamis (9/4/2020).

Dia menuturkan, banjir rob mulai menggenangi jalan dan perumahan warga pukul 13.00 WIB dan biasanya surut sekitar pukul 17.00 WIB.

“Tiap hari begitu. Jam 1 siang muali banjir dan surutnya lima jam kemudian,” katanya.
 Menurut Ferizal, banjir rob yang yang terjadi tiga bulan sekali ini biasanya merendam permukiman warga selama 5-7 hari berturut turut.

Mengatasi kondisi tersebut, kata dia, warga terpaksa mengeluarkan sejumlah barang berharga miliknya dan meletakkan ke tempat yang lebih tinggi agar terhindar dari banjir rob.

Dia menduga banjir rob yang terjadi rutin tiap tahun ini semakin tinggi akibat banyaknya penimbunan untuk depo kontainer dan pembangunan jalan tol di kawasan Pelabuhan Belawan.

“Harapan warga di sini warga, pemerintah segera melakukan perbaikan dengan membuat bendungan dan meninggikan jalan agar banjir tidak meresahkan masyarakat,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki