Bantu Warga Terdampak Covid-19, Gubernur Sumut Siap Potong Tunjangan Kinerja ASN

Antara ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 14:22 WIB
Bantu Warga Terdampak Covid-19, Gubernur Sumut Siap Potong Tunjangan Kinerja ASN
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (Foto: Antara)

MEDAN, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) siap mengantisipasi jika pandemi virus corona atau Covid-19 akan berkepanjangan. Salah satu langkah yang diambil dengan pemotongan Tunjangan Kinerja (Tukin) Aparatur Sipil Negara (ASN).

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, langkah itu bisa saja diambil kalau pandemi Covid-19 berlangsung lama. Anggarannya bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang terdampak virus corona.

"Apa boleh buat, rakyat butuh perlindungan dari dampak Covid-19. Kalau anggaran yang sudah disiapkan Rp1,5 triliun untuk tiga tahap tidak mencukupi, yah Tukin ASN dipotong," kata Gubernur Sumut di Medan, Selasa (12/5/2020).

Edy menyampaikan hal itu saat berdialog dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Perusahaan Pers (SPS), dan sejumlah pemimpin redaksi media massa di Sumut.

Gubernur menyebutkan, refocusing anggaran Rp1,5 triliun di Anggaran Pendapatan dan Belanja Darah (APBD) 2020 itu untuk percepatan penanganan Covid-19 di Sumut. Anggaran tersebut mencakup untuk bidang kesehatan, sosial, termasuk jaring pengaman sosial, dan ekonomi.

Anggaran tersebut disalurkan dalam tiga tahap, mulai dari April-Juni, Juli-September, sampai Oktober-Desember. Tahap pertama, jumlah anggaran sebesar Rp502,1 miliar.

"Dalam menggunakan anggaran itu, Pemprov Sumut dibantu Kejaksaan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta dipantau KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)," katanya.

Gubernur menegaskan, pers sangat dibutuhkan, khususnya dalam bencana pandemi Covid-19. "Ayo coba kita bahas bersama di mana anggaran itu untuk bisa menolong media massa dan wartawannya di saat semua orang juga sulit saat ini," ujarnya.

Sementara Ketua PWI Sumut Hermansjah mengatakan, perusahaan pers dalam posisi sulit saat pandemi Covid-19. Bahkan, banyak yang tidak tahu lagi solusi untuk bertahan.

"Tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mencari solusi agar bertahan. Kami berharap Gubernur Sumut bisa membantu dengan berbagai cara," katanya.


Editor : Maria Christina