Pemuda di Medan Ini Beli Motor Pakai Kertas, Ditangkap Polisi Masuk Penjara

Stepanus Purba ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 10:37:00 WIB
Pemuda di Medan Ini Beli Motor Pakai Kertas, Ditangkap Polisi Masuk Penjara
Tersangka Andika saat diamankan di Mapolsek Medan Kota. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Seorang pemuda bernama Andika ditangkap personel Unit Reskrim Polsek Medan Kota karena kasus penipuan pembelian sepeda motor. Dalam aksinya, Andika membayar sepeda motor yang dibelinya dengan menggunakan kertas yang dibungkus dalam plastik hitam.

Kejadian ini bermula ketika pelapor Indri Arianti (44) warga Jalan Brigjen Katamso Gg Indra, memasang iklan penjualan sepeda motor Honda Beat BK 2692 AHS lewat Facebook.

Tersangka A yang melihat iklan ini, kemudian pada tanggal 3 Juli 2020 mendatangi rumah korban dengan menumpangi becak motor. Kepada korban, dia mengaku ingin membeli sepeda motor tersebut.

“Tersangka meminta korban mengeluarkan sepeda motor tersebut dari dalam rumah sambil menunjukkan bungkusan plastik hitam yang diikat karet,” kata Kanit Reskrim Polsek Medan Kota Iptu Ainul Yaqin, Selasa (28/7/2020).

Kepada korban, tersangka mengatakan bungkusan plastik hitam itu berisi uang untuk membayar sepeda motor tersebut.

“Kemudian tersangka meminta kunci serta STNK dan BPKB sepeda motor tersebut dan dimasukkan dalam jok,” kata Ainul.

Dengan gerak cepat, tersangka menghidupkan kendaraan dengan berpura-pura mengecek kendaraan. Dalam hitungan sekian detik, penipu ini langsung tancap gas meninggalkan rumah korban.

“Korban berteriak maling lalu korban membuka isi dari bungkusan plastik tersebut dan setelah dibuka ternyata isinya 104 lembar kertas biasa. Korban merasa di tipu kemudian korban melaporkan kejadian ini ke kantor Polsek Medan Kota,” kata Ainul.

Polisi yang menerima laporan ini kemudian melakukan penyelidikan dan mengamankan tersangka.

“Tersangka A sudah ditahan beserta barang bukti beberapa lembar kertas,” ucapnya.


Editor : Stepanus Purba