Bestie Si Harimau Sumatera Dilepasliarkan ke Taman Nasional Gunung Leuser

Antara · Sabtu, 26 November 2022 - 14:22:00 WIB
Bestie Si Harimau Sumatera Dilepasliarkan ke Taman Nasional Gunung Leuser
Harimau sumatera bernama Bestie dilepasliarkan ke Taman Nasional Gunung Leuser, Jumat (25/11/2022). (Foto: ANTARA)

MEDAN, iNews.id - Bestie, harimau sumatera (Pantera tigris sumatrae), dilepasliarkan di Keudah-Zona Inti Taman Nasional Gunung Leuser. Pelepasliaran dilakukan menggunakan helikopter dengan metode longline dari Bandara Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Jumat (26/11/2022).

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Rudianto Saragih Napitu mengatakan, Bestie adalah harimau sumatera yang masuk perangkap kandang jejak di Sei Sirah, Desa Halaban, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, pada 31 Agustus 2022 lalu.

Kemudian dilakukan observasi di Lembaga Konservasi Medan Zoo, dengan maksud untuk memudahkan proses pemeriksaan kesehatan satwa sebelum dilepasliarkan kembali.

"Hasil pengecekan kesehatan harimau sumatera Bestie adalah berat badan 65 kg, suhu tubuh normal, sudah tidak ditemukan caplak, luka pada ekor dalam proses penyembuhan, detak jantung dan pernapasan normal," ucapnya.

Rudianto menyebutkan, setelah pengecekan kesehatan di Lembaga Konservasi Medan Zoo, kemudian dilakukan proses persiapan pelepasliaran dari Sanxctuary Harimau Sumatera di Barumun, Kabupaten Padang Lawas Utara, pada 15 September 2022.

Setelah tiga bulan dirawat di Sanctuary Harimau Sumatera Barumun, Bestie siap dilepasliarkan. Hasil pemeriksaan terakhir berat badan Bestie 80 kg, luka bakar sudah sembuh dan secara keseluruhan kondisi dalam sehat dan layak untuk dilepasliarkan.

"Pada hari Jumat 19 November 2022, Bestie diangkut dari Barumun, Sumatera Utara ke Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh," katanya.

Ia menambahkan, selama dalam perjalanan darat, Bestie selalu dimonitor oleh Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang dipimpin oleh Kepala Bidang Konservasi Wilayah III Padang Sidimpuan Gunawan Alza, dan Tim Medis Anhar Lubis.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: