BI: Ekonomi Sumut Masih Berpeluang Tumbuh Positif di Tahun 2020

Stepanus Purba · Selasa, 17 November 2020 - 21:46:00 WIB
BI: Ekonomi Sumut Masih Berpeluang Tumbuh Positif di Tahun 2020
Kepala Grup Perumusan dan Implementasi KEKDA Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumut, Ibrahim, saat seminar daring (webinar) yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar, pada Selasa (17/11/2020). (BI Sumut)

MEDAN, iNews.id - Kinerja ekonomi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2020 masih berpeluang tumbuh di kisaran -1 persen (yoy) di tengah kondisi penurunan ekonomi dunia yang diprakirakan IMF akan terkontraksi atau minus sebesar 4,4 persen tahun ini. Perbaikan ekonomi di triwulan IV 2020 akan menjadi penentu kinerja ekonomi provinsi ini.

Optimisme ini disampaikan Kepala Grup Perumusan dan Implementasi KEKDA Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumut, Ibrahim, saat seminar daring (webinar) yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar, pada Selasa (17/11/2020). Webinar tersebut merupakan pembukaan dari rangkaian webinar Sisi Batas Labuhan dengan tema "Menumbuhkan Optimisme di Tengah Perbaikan Ekonomi" yang berlangsung dari tanggal 17 November 2020-20 November 2020.

Ibrahim memaparkan, dari kajian KPw BI Provinsi Sumut, ekonomi Sumut pada triwulan III 2020 tercatat -2,60 persen (yoy), sedikit membaik dibandingkan triwulan sebelumnya yang terkontraksi -2,66 persen (yoy).

"Angka ini juga lebih baik dibandingkan nasional yang -3,49 persen (yoy), meski di bawah kawasan Sumatera sebesar -2,2 persen (yoy)," katanya.

Dari sisi permintaan, perbaikan ekonomi didorong oleh kontraksi impor sebagai faktor pengurang PDRB yang mengalami kontraksi lebih dalam. Dari sisi penawaran, lapangan usaha (LU) perdagangan dan transportasi tumbuh membaik sejalan dengan masuknya periode adaptasi kebiasaan baru yang mendorong aktivitas ekonomi kembali meningkat meski belum sebaik periode pra-Covid-19.

"Berdasarkan asesmen KPwBI Provinsi Sumut, beberapa LU yang dapat didorong untuk dibuka karena memiliki risiko penularan Covid-19 kecil dan memiliki dampak ekonomi tinggi antara lain sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan, industri pengolahan, perdagangan besar eceran, informasi dan komunikasi, serta administrasi dan pemerintahan," katanya.

KPw BI Provinsi Sumut memprakirakan outlook perekonomian 2021 menguat seiring dengan pulihnya ekonomi. Recovery pertumbuhan ekonomi diprediksi terus berlanjut dan didorong oleh kenaikan permintaan domestik dan eksternal.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2 3