Bobby Nasution Beri Waktu 2 Pekan RSUD Pirngadi dan 4 OPD Tingkatkan Mutu Layanan

Antara ยท Rabu, 11 Agustus 2021 - 19:38:00 WIB
Bobby Nasution Beri Waktu 2 Pekan RSUD Pirngadi dan 4 OPD Tingkatkan Mutu Layanan
Wali Kota Medan Bobby Nasution . (ANTARA/HO)

MEDAN, iNews.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta pimpinan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pirngadi dan empat organisasi perangkat daerah (OPD) untuk meningkatkan kualitas layanan. Seluruh instansi tersebut diberikan waktu dua minggu untuk meningkatkan kualitas pelayanan. 

"Kami berikan waktu dua pekan ke pimpinan RSUD dr Pirngadi dan empat OPD untuk meningkatkan mutu pelayanan," ucap Wali Kota Medan, Bobby Nasution di Medan, Rabu (11/8/2021). 

Empat OPD yang diminta meningkatkan mutu layanan yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, serta Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dari hasil survei yang dilakukan tim dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sumatera Utara (USU), kelima perangkat tersebut belum mendapatkan hasil yang baik. 

Mutu pelayanan RSUD dr Pirngadi dan dua OPD di antaranya kurang baik dengan nilai C, sedangkan dua OPD lagi dinyatakan tidak baik dengan nilai D.

"Petakan masalahnya, dan paparkan langkah apa yang diambil untuk meningkatkan mutu pelayanan pada sembilan unsur kepuasan masyarakat," kata Bobby.

Bobby mengatakan sembilan unsur kepuasan masyarakat yaitu persyaratan, prosedur, waktu pelaksanaan, biaya, produk spesifikasi, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan, saran dan masukan, serta sarana dan prasarana.

"Bukan hanya OPD berhadapan langsung dengan warga. Tapi semua OPD bekerja untuk masyarakat. OPD bekerja dengan anggaran, dan anggaran itu berasal dari masyarakat," ucapnya. 

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Survey Fisip USU, Hendra Harahap mengatakan, pihaknya melakukan survei kepuasan masyarakat periode April-Juni 2021.

"Tujuan pelaksanaan survei ini adalah untuk mengetahui kinerja layanan RSUD Pirngadi dan empat OPD. Mengetahui dan identifikasi kelemahan pelayanan, dan memberikan rekomendasi perbaikan kinerja," katanya.

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: