Brimob Tangkap Buron Pencurian Uang Ratusan Juta di Kantor Gubernur Sumut dan USU

Stepanus Purba ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 12:58 WIB
Brimob Tangkap Buron Pencurian Uang Ratusan Juta di Kantor Gubernur Sumut dan USU
Tersangka saat diamankan personel Brimob Polda Sumut. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Personel Brimob Polda Sumatera Utara (Sumut) menangkap buron kasus pencurian uang di Kantor Gubernur Sumut dan Universitas Sumatera Utara (USU) beberapa waktu lalu. Pelaku diketahui bernama Tukul Panjaitan. Dia ditangkap di Jalan Menteng, Kecamatan Medan Kota, Medan, Rabu (22/7/2020).

Pelaksanan harian (Lakhar) Kasi Intel Brimob Polda Sumut Kompol Heriyono mengatakan, penangkapan berawal saat personel Brimob mendapatkan informasi keberadaan tersangka di seputaran Jalan Menteng. Selenjutnya, petugas kemudian berkoordinasi dengan informan yang memberikan informasi tersebut.

"Dalam koordinasi yang dilakukan personil diketahui Tukul Panjaitan sedang tidak berada di kediamannya. Kemudian personel melakukan pengendapan di Jalan Menteng," kata Kompol Heriyono, Selasa (28/7/2020)

Sekitar pukul 21.30 WIB, Tukul terlihat melintas di Jalan Menteng. Petugas yang melihat tersangka kemudian menangkapnya. Saat diperiksa, Tukul mengakui seluruh perbuatannya.

"Dari pencurian di Kantor Gubernur, ia mendapat bagian Rp300 juta. Untuk pencurian di USU ia mendapat bagian Rp20 juta," katanya.

Untuk proses pemeriksaan lebih lanjut, Brimob Polda Sumut selanjutnya menyerahkan tersangka ke Polrestabes Medan. Selain menangkap tersangka, petugas juga mengamankan barang bukti uang tunai Rp653.000, sebuah dompet, dan ATM BRI.


Editor : Stepanus Purba