Cerita Rakyat Asal Usul Kolam Sampuraga, Kisah Anak Durhaka Mirip Malin Kundang

Nani Suherni ยท Kamis, 10 November 2022 - 10:57:00 WIB
Cerita Rakyat Asal Usul Kolam Sampuraga, Kisah Anak Durhaka Mirip Malin Kundang
Ilustrasi Cerita Rakyat Asal Usul Kolam Sampuraga (Foto: Instagram/@shaqila_collection2)

MADINA, iNews.id - Cerita rakyat asal usul kolam Sampuraga akan menjadi pembahasan dalam artikel ini. Kisah ini menceritakan seorang anak yang durhaka kepada ibunya yang mirip Malin Kundang.

Cerita rakyat kerap menjadi salah satu terbentuknya sebuah tempat. Bahkan, kisah ini dipercaya warga sekitar sebagai peristiwa nyata. 

Selama ini kita lebih sering mendengar kisah anak durhaka Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu. Sosok Malin Kundang yang bersujud dikutuk menjadi batu pun ada di pesisir Pantai Air Manis, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). 

Kisah anak durhaka lainnya juga terjadi di Desa Sirambas, Kecamatan Panyabungan Barat, Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Bagaimana kisahanya?.

Cerita Rakyat Asal Usul Kolam Sampuraga

Sosok Sampuraga

Layaknya Manin Kundang, Sampuraga merupakan anak yatim yang hanya hidup dengan ibunya. Dia pun berniat merantau untuk membantu ibunya agar ekonominya meningkat. Sampura muda pun akhirnya merantau hingga Desa Sirambas. 

Saat itu, Desa Sirambas rupanya dipimpim Raja Silanjang yang memimpin Kerajaan Silancang. Sosok Sampuraga rupanya menjadi pekerja keras. Raja  Silanjang rupanya tertarik dengan keuletan Sampuraga. Sang Raja pun berniat menikahkan putrinya dengan Sampuraga.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: