Dinas Sosial Amankan 36 Gelandangan, Pengemis dan Manusia Silver di Medan

Ahmad Ridwan Nasution ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 14:30:00 WIB
Dinas Sosial Amankan 36 Gelandangan, Pengemis dan Manusia Silver di Medan
Salah satu manusia silver saat diamankan petugas gabungan di salah satu ruas jalan di Kota Medan, Jumat (12/6/2020). (Foto: Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Petugas dari Dinas Sosial Kota Medan dibantu personel Satpol PP merazia penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Medan, Jumat (12/6/2020). Para penyandang PMKS yang melihat kedatangan petugas kemudian berusaha melarikan diri hingga terlibat kejar-kejaran.

Dalam razia ini, petugas gabungan berhasil mengamankan sebanyak 36 PMKS seperti geladangan, pengemis, serta tujuh orang manusia silver. Para PMKS ini kerap meminta-minta di persimpangan lampu merah hingga mengganggu para pengguna jalan.

Sejumlah PMKS yang menolak diamankan sempat terlibat adu mulut dengan petugas. Namun karena kesigapan petugas, mereka kemudian berhasil dibawa menuju Kantor Dinas Sosial kota Medan.

"Dalam operasi ini kita berhasil menjaring sebanyak 36 PMKS yang terdiri dari pengamen, pengemis, gelandangan hingga manusia silver yang kerap meminta-minta di persimpangan lampu merah," kata Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial Kota Medan, Fahrul Rozi Pane.

Fahrul mengatakan seluruh PMKS yang terjaring dalam razia sementara diamankan di Dinas Sosial Kota Medan untuk dilakukan pendataan dan pembinaan.

"Khusus mereka yang sudah terjaring lebih dari satu kali akan dikirim ke panti-panti yang ada di Sumatera Utara untuk menjalani pembinaan," kata Fahrul.

Razia PMKS masih akan terus dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Medan mengingat keberadaan mereka sangat meresahkan dan mengganggu para pengguna jalan.

Editor : Stepanus Purba