Divonis Bebas, Febi Nur Amelia Penagih Utang Istri Kombes Sempat Pingsan

Ahmad Ridwan Nasution · Selasa, 06 Oktober 2020 - 22:45:00 WIB
Divonis Bebas, Febi Nur Amelia Penagih Utang Istri Kombes Sempat Pingsan
Febi Nur Amelia divonis bebas terkait kasus penagihan utang istri Kombes. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.idFebi Nur Amelia terdakwa kasus pencemaran nama baik terkait penagihan utang istri perwira polisi berpangkat Kombes di media sosial divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Kota Medan, Selasa (6/10/2020).

Dalam amar putusannya, majelis hakim yang diketuai Sri Mulyani menyatakan, terdakwa Febi dinyatakan tidak bersalah.

Berdasarkan fakta persidangan, kata majelis hakim, penggugat atas nama Fitriani Manurung yang merupakan istri seorang perwira menengah polisi benar memiliki utang dan belum dibayarkan, sehingga tidak ada unsur pencemaran nama baik dalam perkara tersebut.

“Dengan ini majelis hakim menyatakan bahwa terdakwa Febi tidak terbukti bersalah menurut hukum,” kata Sri Mulyani.

Atas putusan itu, Febi yang diduk di kursi pesakitan sempat pingsan. Setelah siuman, Febi kemudian dipapah keluarganya keluar ruangan sidang sambil muntah-muntah.

Kuasa hukum Febi, Muhammad Fauzi menilai putusan majelis hakim sudah memenuhi unsur keadilan yang seadil-adilnya. “Putusan ini sudah sangat adil,” ucapnya.

Atas perkara yang sudah berlangsung selama 10 bulan ini, jaksa penuntut umum belum memberikan jawaban perlawanan atas putusan tersebut dengan peluang pengajuan kasasi atas putusan bebas tersebut.

Diketahui, kasus ini bermula saat terdakwa Febi Nur Amelia menagih utang melalui instastory lewat akun Instagram pribadinya. Secara garis besar isi postingan tersebut meminta agar Fitriani Manurung yang dia sebut dengan ibu kombes mengembalikan uang yang dulu dipinjam sebesar Rp70 juta. 

Fitriani Manurung tak terima dan menggugat terdakwa dengan pasal pencemaran nama baik dan kasusnya pun berujung ke meja hijau.

Editor : Kastolani Marzuki