Doa Mandi Junub Setelah Berhubungan dan Tata Caranya

Silfia Rahmah Harahap · Jumat, 30 September 2022 - 22:13:00 WIB
Doa Mandi Junub Setelah Berhubungan dan Tata Caranya
Cara Mandi Junub yang Benar sesuai tuntunan agar ibadah diterima Allah. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Doa mandi junub setelah berhubungan dan tata caranya merupakan hal yang perlu diketahui oleh setiap pasangan suami istri karena dalam Islam hal ini sudah ada ketentuannya.

Mandi ini bersifat wajib yang berguna untuk membersihkan kembali diri dari hadas besar, karena kegiatan berhubungan suami istri ini termasuk pada hadas besar dan perlu pembersihan supaya bisa kembali melaksanakan aktivitas ibadah dalam keadaan suci. 

Jika seseorang belum melaksanakan mandi junub maka Allah SWT melarang untuk melaksanakan shalat, memegang dan membaca Al-Quran dan lain sebagainya.

Doa Mandi Junub Setelah Berhubungan dan Tata Caranya

Setelah melakukan hubungan suami istri, setiap umat muslim wajib mensucikan diri dengan mandi junub. Berdoa ketika mandi junub harus dilakukan setelah berhubungan suami istri yang sudah ada ketentuan dalam firman Allah Q.S Al-Maidah ayat 6 yaitu:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ - ٦

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku. Dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan maka jika kamu tidak memperoleh air, bertayamumlah dengan debu yang baik (suci). Usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu agar kamu bersyukur."

Untuk itu, perlunya mengetahui doa mandi junub setelah berhubungan dan tata caranya.

Doa Mandi Junub dan Artinya

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabat, fardhu karena Allah Ta'ala.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: