Dr Naek L Tobing, Putra Samosir Ahli Seksologi Tutup Usia

Siska Permata Sari, Antara ยท Senin, 06 April 2020 - 18:22 WIB
Dr Naek L Tobing, Putra Samosir Ahli Seksologi Tutup Usia
Mendiang dr Naek L Tobing. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Dr Naek L Tobing, seksolog terkenal pada era 80-an tutup usia. Dia meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dalam usia 79 tahun, Senin (6/4/2020).

Berita duka pertama diketahui dari pesan berantai yang diterima iNews.id, Senin (6/4/2020) sore.

"Lae Dr Naek L Tobing tadi pagi Jam 10.11 WIB. Mohon doanya. Kami yang berdukacita : Dr Marion Aritonang (istri) Dr Panahatan Aritonang (anak) Thomson Aritonang (anak),” demikian isi pesan tersebut.

Dokter Naek L Tobing atau bernama lengkap Naek Lumban Tobing lahir di Pulau Samosir, Tapanuli, 14 Agustus 1940. Sebagai putra Samosir, dia menempuh pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) dan lulus tahun 1966.

Setelah lulus dari USU, Dr Naek melanjutkan pendidikan ke Program Pendidikan Dokter Spesialis di Bidang Kesehatan Jiwa Universitas Indonesia (UI). Dia lulus pada 1976 dan sempat tergabung dalam organisasi Ikatan Dokter Jiwa Indonesia (IDAJI).

Selama hidup, suami Dr Marion Aritonang terkenal sebagai seksolog yang menulis sejumlah buku. Di antaranya Masalah dan Solusi (1994), Seks Pranikah, Seks Extramarital dan Membangun Keharmonisan Suami-Istri.

Dia juga kerap tampil mengisi rubrik seksologi di berbagai majalah dan surat kabar nasional.

Salah satu isu yang menjadi fokusnya yakni fenomena mikropenis. Isu ini termuat dalam bukunya berjudul ‘Bahaya Terlambat Atasi Mikropenis akan Menderita Seumur Hidup’.

Informasi terakhir menyebutkan, dia terdianosis positif virus corona. Selain itu memiliki penyakit penyerta kanker lambung stadium IV.

"Dr Naek L Tobing SpKJ meninggal dunia di RSPP setelah Swab test PCR Positif Covid-19," kata Humas Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PPB IDI) Halik Malik, Senin (6/4/2020).


Editor : Donald Karouw