19 Gubernur Sumatera Utara dari Masa ke Masa, Nomor 14 Meninggal Kecelakaan Pesawat

Tim iNews ยท Senin, 26 September 2022 - 13:26:00 WIB
19 Gubernur Sumatera Utara dari Masa ke Masa, Nomor 14 Meninggal Kecelakaan Pesawat
Gubernur Sumatera Utara dari Masa ke Masa

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Sumatera Utara dari masa ke masa akan menjadi pembahasan berikut. Provinsi dengan 33 kabupaten/kota ini rupanya sudah dipimpin 19 gubernur.

Gubernur Sumatera Utara merupakan kepala daerah tingkat I yang memegang pemerintahan di Sumatra Utara bersama dengan Wakil Gubernur dan 100 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumut. 

Saat ini, gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara dipilih melalui pemilihan umum yang dilaksanakan 5 tahun sekali. 

Berikut Gubernur Sumatera Utara dari Masa ke Masa

1. Sutan Mohammad Amin Nasution

Gubernur Sumatera Utara dari Masa ke Masa, Sutan Mohammad Amin Nasution
Gubernur Sumatera Utara dari Masa ke Masa, Sutan Mohammad Amin Nasution

Gubernur Sumatera Utara pertama kali yakni Sutan Mohammad Amin Nasution. Dia dilantik oleh Presiden Sukarno sebagai Gubernur Sumatera Utara pada tanggal 19 Juni 1948. 

Pada masa jabatannya, dia mulai mencetak uang daerah untuk provinsi Sumatera Utara, yaitu Uang Republik Indonesia Sumatera Utara (URIPSU, Uang Republik Indonesia untuk Sumatera Utara). Kebijakan ini diterapkan untuk memperbaiki ekonomi yang dilanda perang, dan uang tersebut secara resmi dikeluarkan pada tanggal 1 Maret 1949 dengan tanda tangan Nasution di atasnya. Sayangnya, Nasution mengakhiri masa jabatannya pada 17 Mei 1949.

2. Ferdinand Lumban Tobing

Gubernur Sumatera Utara dari masa ke masa yang kedua yakni Ferdinand Lumbantobing, disingkat sebagai F.L. Tobing. Dia merupakan seorang pahlawan nasional Indonesia dari Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Dia memulai karirnya sebagai Gubernur Sumatra Utara pada 17 Mei 1949 hingga 14 Agustus 1950. 

Diketahui jika F.L Tobing ini merupakan lulusan sekolah dokter STOVIA pada tahun 1924 dan bekerja di CBZ RSCM, Jakarta. Pada tahun 1943 dia diangkat menjadi Syu Sangi Kai' (DPD) Tapanuli dan juga sebagai Chuo Sangi In (DPP). 

Dia dimakamkan di Desa Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara. Namanya kini diabadikan untuk Rumah Sakit Umum di Sibolga dan bandar udara di Pinangsori.

3. Abdul Hakim Harahap

Abdul Hakim Harahap menjabat pada tanggal 25 Januari 1951. Harahap dilantik menjadi Gubernur Sumatera Utara oleh Makmun Sumadipradja mewakili Menteri Dalam Negeri Assaat. 

Dia merupakan gubernur definitif pertama di Sumatera Utara, setelah pencabutan jabatan dan pengangkatan Sarimin Reksodihardjo sebagai penjabat gubernur.

4. Sutan Mohammad Amin Nasution

Gubernur pertama Sumatera Utara ini menjabat kembali pada 23 Oktober 1953. Dia mengakhirnya jabatannya pada 12 Maret 1956.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: