Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Status Masih Awas

Ebenezer Pinem ยท Selasa, 28 November 2017 - 12:42 WIB
Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Status Masih Awas
Visual Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, yang kembali meletus, Selasa (28/11/2017). (Foto: iNews/Ebenezer Pinem)

KARO. iNews.id – Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, meletus lagi, Selasa pagi (28/11/2017), pukul 08.38 WIB. Erupsi diiringi dengan gempa selama 610 detik. Namun, tinggi kolom letusan tidak dapat teramati karena tertutup kabut tebal.

Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) masih merekam terjadinya gempa hibrid, gempa guguran, gempa berfrekuensi rendah, dan gempa embusan. Aktivitas gempa masih tinggi sehingga Gunung Sinabung masih berpotensi erupsi atau mengeluarkan awan panas.

“Aktivitas Gunung Sinabung sampai saat ini masih berstatus Awas karena masih sering terjadi erupsi. Untuk hari ini saja, sudah terjadi satu kali erupsi sedangkan tinggi kolom tidak dapat teramati karena tertutupi kabut,” kata petugas PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Muhamad Assory.

Meningkatnya aktivitas Gunung Sinabung, PVMBG kembali mengimbau kepada warga maupun wisatawan agar tidak beraktivitas ataupun memasuki zona merah Gunung Sinabung yang sudah direkomendasikan. Imbauan ini menyusul masih tingginya potensi letusan maupun awan panas susulan.


Editor : Maria Christina