Hari Tanpa Bayangan di Sumut Terjadi 13 September

Stepanus Purba · Selasa, 07 September 2021 - 13:53:00 WIB
Hari Tanpa Bayangan di Sumut Terjadi 13 September
Ilustrasi bayangan. (Foto: Dokumen iNews.id)

MEDAN, iNews.id - Fenomena alam berupa hari tanpa bayangan akan melanda seluruh kawasan di Sumatera Utara (Sumut) tanggal 13 September 2021 mendatang. Fenomena alam ini diprediksi akan terjadi sebanyak dua kali dalam setahun ini. 

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Hartanto mengatakan 33 kabupaten/kota di Sumut akan mengalami fenomena ini. Bayangan akan sejajar dengan bendanya sehingga terlihat menghilang. 

Ada 33 kota di Sumut yang mengalami fenomena yang terjadi dua kali dalam setahun ini. Fenomena ini mengakibatkan bayangan benda tegak akan terlihat "menghilang".

"Kulminasi sering disebut transit maupun istiwa adalah fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit," kata Hartanto, Selasa (7/9/2021). 

Dia mengatakan saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai kulminasi utama. Pada saat itu, Matahari akan tepat berada di atas kepala atau di titik zenit. 

"Akibatnya, bayangan benda terlihat menghilang karena bertumpuk pada benda itu sendiri. Karena itu dikenal dengan hari tanpa bayangan," ucapnya. 

Menurutnya, fenomena ini terjadi karena bidang ekuator bumi atau bidang rotasi tidak tepat berhimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi Bumi.

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: