Ikut Perkemahan Sekolah di Danau Toba, Siswi SMA Pematangsiantar Tewas Tenggelam

Dharma Setiawan ยท Senin, 23 September 2019 - 13:49 WIB
Ikut Perkemahan Sekolah di Danau Toba, Siswi SMA Pematangsiantar Tewas Tenggelam
Keluarga siswi SMANN 1 Pematangsiantar yang meninggal tenggelam di Danau Toba tampak larut dalam kesedihan. (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

PEMATANGSIANTAR, iNews.id – Seorang siswi SMAN 1 Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut), ditemukan tewas tenggelam di Danau Toba. Saat kejadian, korban sedang mengikuti Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) yang menjadi agenda sekolah tersebut.

Informasi yang dirangkum iNews, identitas korban diketahui bernama Putri Margaret Sinambela, siswi kelas XI. Tubuhnya dievakuasi petugas Basarnas dari dasar Danau Toba dengan masih mengenakan jaket dan celana olahraga.

Peristiwa tenggelamnya korban ini awalnya dilaporkan ke polisi dan Basarnas pada Sabtu (21/9/2019). Setelah dilakukan pencarian, tubuh korban ditemukan pada hari kedua di kedalaman 20 meter, berjarak 100 meter dari pertama kali dilaporkan hilang.

Keterangan di TKP, awalnya korban sedang berada di pinggiran Danau Toba. Namun tiba-tiba dia terpeleset lalu terjatuh ke dalam danau hingga akhirnya dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia.

Kematian korban yang mendadak dan tak wajar pun memberi rasa duka bagi keluarga yang ditinggalkan. Isak tangis mereka tak terbendung saat peti jenazah yang membawa korban tiba di rumah duka. Tampak juga ratusan pelayat dan teman sekolah korban ikut larut dalam kesedihan.

Wakil Kepala SMAN I Pematangsiantar Albiner Panjaitan mengatakan, kendati kejadian ini musibah, pihak sekolah mengaku bertangungjawab. Namun dia memastikan, seluruh siswa yang ikut kegiatan Perjusami atas izin dari orangtua atau walinya masing-masing. Selain itu juga ada guru yang ikut dalam kegiatan tersebut.

“Soal kronologi pastinya saya masih belum mendapat informasi.Namun saya bisa pastikan seluruh peserta mendapat izin dari keluarga. Dan kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan kegiatan sekolah SMAN 1 Pematangsiantar. Diikuti siswa dari kelas X sampai XII,” katanya, Minggu (22/9/2019).


Editor : Donald Karouw