Ikuti Jejak Akhyar Mundur dari PDIP, Ini Alasan Wakil Ketua DPC PDIP Medan

Stepanus Purba ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 19:03 WIB
Ikuti Jejak Akhyar Mundur dari PDIP, Ini Alasan Wakil Ketua DPC PDIP Medan
Ade Darmawan salah satu kader PDIP yang mundur. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Sejumlah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Medan mundur setelah Akhyar Nasution tidak lagi dicalonkan di Pilkada Medan 2020. Salah satu kader yang mundur, yakni Wakil Ketua DPC PDIP Medan, Ade Darmawan.

Saat dikonfirmasi, Ade Darmawan mengaku sudah mundur dari keanggotaan PDIP. Salah satu alasan Ade mundur dari PDIP karena tidak sejalan lagi dengan kebijakan PDIP. Namun saat ditanya pengunduran dirinya terkait dengan pencalonan Akhyar, dia menolak merinci alasannya.

"Salah satunya karena itu (tidak cocok dengan kebijakan PDIP). Lebih kurang soal itu," kata Ade Darmawan saat dikonfirmasi oleh iNews.id, Kamis (30/7/2020).

Walaupun sudah mundur dari PDIP, Ade berharap partai yang membesarkan namanya tersebut semakin baik ke depan.

"Kita tahu partai itu baik. Saya berharap PDIP ke depannya terus semakin baik dan elektoralnya semakin tinggi," ucap Ade.

Disinggung apakah ikut Akhyar ke Demokrat, Ade mengaku saat ini masih belum memikirkan hal tersebut.

"Saya baru mundur dari PDIP. Saat ini saya belum memikirkan ke mana-mana dulu," ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris DPD PDIP Sumut Soetarto menyesalkan keputusan kader PDIP yang menyatakan mundur. Dalam berpartai, setiap kader seharusnya memiliki etika berpolitik.

"Berpartai ini seperti bernegara, ada konstitusi dan aturan yang harus ditaati. Kami sesalkan ada kader yang mundur karena tak lagi sejalan, namun kami juga tak dapat menahan untuk bertahan," kata Soetarto, Kamis (30/7/2020).

Dikatakan Soetarto, setiap kader partai mestinya menjaga nama baik dan marwah partai. Menurutnya, partai juga memiliki mekanisme terhadap setiap oknum yang menciderai marwah partai serta melakukan tindakan indisipliner. Soetarto juga menepis statement miring yang menyebutkan Plt Ketua DPD PDIP Sumut, Djarot Saiful Hidayat terkait sejumlah kasus dugaan korupsi.

"Anggapan yang ada di media itu ngawur dan tak berdasar. Saya kira publik tahu, siapa sosok Djarot Saiful Hidayat," ucapnya.

Menurut Soetarto, rekam jejak Djarot Saiful Hidayat telah terbukti sejak dia menjabat sebagai anggota DPRD, wali kota Blitar, wakil gubernur hingga gubernur DKI Jakarta.

"Saat ini Mas Djarot juga terpilih sebagai anggota DPR. Rakyat begitu percaya kepadanya," katanya.


Editor : Stepanus Purba