Kabur saat Ditangkap, 4 Pelaku Pencurian Asal Asahan Ambruk Ditembak Polisi

Stepanus Purba ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 16:57 WIB
Kabur saat Ditangkap, 4 Pelaku Pencurian Asal Asahan Ambruk Ditembak Polisi
Empat pelaku pencurian ditangkap Polres Asahan (Stepanus Purba/iNews)

ASAHAN, iNews.id - Jajaran Subdit Jatanras Satreskrim Polres Asahan menciduk empat pelaku pencurian. Pelaku diketahui berinisial HN, BA, HA dan AS. Pelaku HN dan BA merupakan spesialis pencurian rumah sementara HA dan AS ditangkap karena mencuri di kios ponsel.

Kapolres Asahan, AKBP Faisal Napitupulu mengatakan, keempat pelaku ditangkap berdasarkan laporan polisi yang berbeda. Pelaku HN dan BA ditangkap berdasarkan laporan dari korban yang merupakan pemilik rumah di jalan Cemara, Kelurahan Selawan, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan.

"Pelaku beraksi pada Selasa (14/1/2020). Keduanya masuk ke rumah dan berhasil mencuri dua unit ponsel dan satu unit sepeda motor Honda Vario," kata Faisal kepada wartawan di Mapolres Asahan, Jumat (24/1/2020).

Faisal menambahkan, keduanya berhasil ditangkap setelah empat hari kabur terpatnya pada Sabtu (18/1/2020) di Jalan SM, Raja, Kisaran.

BACA JUGA:

Polisi Bongkar Prostitusi Online di Asahan, Seorang Muncikari Ditangkap

Baru Sehari Menikah, Residivis Kasus Curanmor di Medan Ditembak Polisi

"Keduanya terpaksa kami lumpuhkan karena berusaha kabur saat ditangkap," imbuhnya.

Sementara itu, pelaku HA dan AS mencuri ponsel di sebuah kios di lingkungan VIII, Binjai Serbangan, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan pada Senin (13/1/2020). Dalam beraksi, kedua pelaku berpura-pura mengisi pulsa dan meminjam charger untuk mengisi baterai.

"Setelah pulsa masuk, pelaku membayar dengan uang Rp50.000. Ketika penjaga kios ponsel mengambil uang kembalian, saat itulah para pelaku mengambil ponsel merk Samsung milik korban dan kemudian melarikan diri," katanya.

Tak terima ponselnya diambil, korban akhirnya lapor ke Polres Asahan. Beruntung, pelaku bisa dibekuk satu jam kemudian. Pelaku ditangkap di Dusun II Desa Subur Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan.

"Dari kedua nya polisi menyita barang bukti dua unit ponsel dan satu unit sepeda motor," kata dia.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 4e tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman penjara 7 tahun.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto