Kebun Binatang di Sumatera Utara, Cocok Untuk Rekreasi Para Pencinta Hewan

Fajar Hendra Jaya · Rabu, 07 September 2022 - 13:18:00 WIB
Kebun Binatang di Sumatera Utara, Cocok Untuk Rekreasi Para Pencinta Hewan
Koleksi Kanguru di Kebun Binatang Taman Hewan Pematang Siantar (Foto: Instagram/Taman Hewan Pematang Siantar)

JAKARTA, iNews.id - Kebun Binatang di Sumatera Utara ini bisa kamu jadikan alternatif lain saat mencari hiburan, dikala waktu senggang atau saat liburan tiba. Di kebun binatang ini kamu bisa berlibur sembari mengedukasi diri, jadi cocok untuk mengajak buah hati anda ketika berlibur kesini, agar mereka mengetahui nama dan jenis hewan yang ada di kebun binatang. 

Kebun binatang ini juga cocok bagi para pecinta hewan, karena kamu bisa melihat beragam hewan di sini dan bermain  bersama mereka. Selain dapat bermain dengan hewan yang ada, pengunjung juga terkadang diizinkan untuk memberi makan 

Berikut daftar Kebun Binatang di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi

1. Kebun Binatang Rahmat Sergai

Yang pertama yakni ada kebun binatang Rahmat Sergai yang ada di Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Kebun binatang ini diprakarsai oleh ayah dari finalis puteri Indonesia 2005 Raline Shah, yakni Rahmat Shah. 

Kebun binatang yang memiliki nama lain Rahmat Zoo & Park ini dapat kamu ditempuh dari Medan kurang lebih selama 1 jam perjalanan. Untuk harga tiket masuk berkisar Rp15.000.

Koleksi binatang yang ada di lokasi ini masih terbatas seperti rusa, monyet, buaya, ular, aneka burung dan sejumlah binatang lainnya.

2. Kebun Binatang Pematang Siantar

Kebun binatang Siantar ini berada di Jalan Gunung Simanuk, Kota Pematangsiantar. Kebun binatang ini ternyata juga diinisiasi oleh Rahmat Shah yang merupakan ayah dari Raline Shah. 
Dari Kota Medan kurang lebih membutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan. Untuk harga tiket masuk kebun binatang ini berkisar Rp30.000. Di sini terdapat berbagai jenis satwa yang terdiri dari koleksi Mamalia sebanyak 201 ekor dari 51 spesies, koleksi Aves 455 ekor dari 113 spesies, dan koleksi Reptil 59 ekor dari 19 spesies. 

Jumlah keseluruhan satwa koleksi yang dikonservasi di dalam THPS totalnya mencapai sebanyak 715 ekor yang terdiri dari 13 spesies.

3. Central Park Zoo dan Resort 

Kebun binatang Sumatera Utara ini merupakan tempat wisata yang menyediakan berbagai wahana. Terdiri atas taman hewan, museum akuarium, kandang burung, tempat bermain, dan kolam renang.  Disini juga terdapat beberapa spot unik bagimu yang ingin berswafoto. 

Terletak di jalan Jamin Ginting Km 20, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Biaya masuk Rp30.000 di hari Senin sampai Jumat. Sedangkan Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional dikenakan Rp40.000. Di sini kamu juga bisa bermain sambil memberi makan hewan yang ada disana.

4. Kebun Binatang Medan

Kebun Binatang Medan ini terletak di Jalan Bunga Rampai, Medan Simalingkar, Kota Medan. Kebun binatang ini memiliki luas 30 hektare, ditumbuhi pepohonan yang pastinya bikin suasana sejuk selama kamu berada di kebun binatang. 

Sejumlah binatang yang ada di sini seperti harimau, singa, buaya, ular, monyet dan beberapa jenis binatang lainnya dapat kamu lihat dan feeding di sini. Untuk tiket masuk, kamu akan dikenakan biaya berkisar Rp15.000 per orangnya, namun biaya tersebut belum termasuk tiket arena bermain di Medan zoo ini.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: