Kenapa Marga Sangat Penting bagi Orang Batak, Ini 9 Alasannya

Nani Suherni ยท Senin, 05 Desember 2022 - 11:32:00 WIB
Kenapa Marga Sangat Penting bagi Orang Batak, Ini 9 Alasannya
Ilustrasi Kenapa Marga Sangat Penting Bagi Orang Batak(Foto: Dok Humas Sumut)

MEDAN, iNews.id - Kenapa marga sangat penting bagi orang Batak akan dibahas dalam artikel kali ini. Warga Batak menjadi satu suku yang selalu memakai marga dalam namanya.

Suku Batak yang banyak ditemui di Provinsi Sumatera Utara. Jumlah suku Batak pun terbagi menjadi enam yakni Batak Toba, Batak Mandailing, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola dan Batak Karo. Namun, keberadaan mereka kini tersebar di seluruh Indonesia.

Biasanya setiap suku itu memiliki marga yang berbeda-beda. Rupanya hal itu disebagai tanda atau asal-muasal sang pemilik nama. Lalu apa alasannya? Berikut pembahasannya.

Kenapa Marga Sangat Penting Bagi Orang Batak

1. Marga Jadi Silsilah Keturunan

Kenapa Marga Sangat Penting Bagi Orang Batak (Foto: shiropoto)
Kenapa Marga Sangat Penting Bagi Orang Batak (Foto: shiropoto)

Marga di akhir nama pada suku Batak itu rupanya menjadi silsilah keturunan. Marga ini juga menjadi tanpa bahwa orang tersebut berasal dari Batak mana.

2. Marga Jadi Identitas Asli

Kenapa marga sangat penting bagi orang Batak rupanya juga sebagai identitas. Dimana biasanya hal ini sangat bermanfaat saat suku Batak berada di luar wilayahnya. 

Jadi Anda tak perlu heran jika orang suku Batak yang merantau biasanya akan langsung menanyakan marga. Hal itu untuk mengetahui identitas asli.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: