Kepala Dusun Ditangkap karena Rusak Mobil BNN Deliserdang untuk Lindungi Bandar Sabu

Amiruddin ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 15:10 WIB
Kepala Dusun Ditangkap karena Rusak Mobil BNN Deliserdang untuk Lindungi Bandar Sabu
Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi memberikan keterangan pers mengenai penangkapan dua tersangka perusak mobil BNNK Deliserdang, Jumat (7/8/2020). (Foto: iNews/Amiruddin)

MEDAN, iNews.id - Personel Satreskrim Polresta Deliserdang berhasil menangkap dua orang tersangka yang menghalangi dan merusak mobil petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Deliserdang, pada Rabu (5/8/2020) di Desa Regenuk, Kecamatan Pantai Labu. Kedua tersangka tersebut masing-masing kepala dusun dan warga.

Kedua tersangka yang ditangkap, masing-masing berinisial IL yang merupakan Kepala Dusun III Desa Regemuk, Kecamatan Pantai Labu. Seorang lagi warga setempat berinisial AN. Sementara empat tersangka lain telah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) dan masih dalam pengejaran.

“Tersangka ada beberapa orang dan ada empat orang lagi yang dalam DPO, dengan inisial H, N, A dan S,” kata Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi saat konferensi pers, Jumat (7/8/2020).

Kapolresta Deliserdang mengatakan, dari kedua tersangka dan dari TKP, polisi telah menyita barang bukti satu unit mobil inventaris milik BNNK Deliserdang nopol BK1073M warna biru tahun 2011. Kemudian, satu batu warna kuning atau batu bata dan satu batu koral yang digunakan untuk merusak mobil BNNK hingga hancur dan rusak parah.

“Motif para tersangka melindungi warga yang diduga sebagai bandar sabu-sabu,” ujarnya.

Kapolresta Deliserdang mengatakan, kedua tersangka ini diancam dengan pasal berbeda. Untuk Kepala Dusun berinisial IL, merupakan tersangka menghalangi tugas BNNK dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. Satu lagi berinisial AN disangkakan dengan pasal perusakan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

“Pasal yang dipersangkakan Pasal 170 ayat 1 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun,” ujarnya.

Kasus penyerangan dan perusakan mobil BNNK Deliserdang itu terjadi saat BNN Deliserdang menggerebek DPO bandar narkoba berinisial IP di Desa Raugemuk, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (5/8/2020). Pelaku yang sudah ditangkap terpaksa dilepaskan karena warga mengamuk dan berupaya menyerang.


Editor : Maria Christina