Ketinggian Banjir di Medan Tuntungan Capai 5 Meter, Petugas SAR Evakuasi Warga

Ahmad Ridwan Nasution · Jumat, 04 Desember 2020 - 09:20:00 WIB
Ketinggian Banjir di Medan Tuntungan Capai 5 Meter, Petugas SAR Evakuasi Warga
Personel gabungan saat mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Perumahan De Flamboyan, Kecamatan Flamboyan Raya, Kota Medan. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution).  

MEDAN, iNews.id - Ketinggian banjir di kompleks perumahan De Flamboyan, di Jalan Flamboyan Raya, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan mencapai lima meter. Banjir akibat jebolnya tanggulnya Sungai Belawan menyebabkan ratusan warga yang terjebak terpaksa dievakuasi petugas dengan perahu karet. 

Puluhan personel gabungan terdiri atas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara (Sumut), tim Search and Rescue (SAR) Medan, TNI dan Polri turun ke lokasi untuk mengevakuasi warga. Sebanyak enam perahu karet dikerahkan petugas untuk menyisir kawasan banjir. 

Kepala BPBD Sumut, Riadil Lubis mengatakan ketinggian banjir di perumahan De Flamboyan mencapai lima meter. Sedikitnya, 38 kepala keluarga di komplek perumahan tersebut terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi karena ketinggian air terus meningkat. 

"Untuk proses evakuasi, kami memprioritas anak-anak serta perempuan terlebih dahulu. Mereka dievakuasi ke posko penanganan banjir yang sudah didirikan di Arhanud, Kota Medan," ucap Riadil, Jumat (4/12/2020). 

Riadil mengatakan ketinggian air di kawasan perumahan De Flamboyan mencapai ketinggian hingga 6 meter di titik terparah. 

"Di sini ketinggian air sekitar 4-6 meter. Saat ini kami masih terus berupaya mengevakuasi warga yang masih terjebak di rumah mereka," ucapnya. 

Belum ada laporan terkait korban jiwa ataupun hilang dalam banjir tersebut. Namun petugas sampai saat ini masih terus melakukan pengumpulan informasi dan evakuasi warga yang terjebak banjir.

Editor : Stepanus Purba