Korupsi Dana Covid-19 di Samosir, 4 Terdakwa Ini Divonis 1 Tahun Penjara

Wahyudi Aulia Siregar · Sabtu, 20 Agustus 2022 - 17:43:00 WIB
Korupsi Dana Covid-19 di Samosir, 4 Terdakwa Ini Divonis 1 Tahun Penjara
Suasana sidang kasus korupsi dana Covid-19 di Samosir. (Foto : Ist)

MEDAN, iNews.id - Pengadilan Negeri Medan menggelar sidang kasus korupsi dana penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara dengan empat terdakwa. Dalam perkara ini, Majelis Hakim menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun kepada masing-masing terdakwa.

Para terdakwa ini yakni Jabiat Sagala dan Mahler Tamba selaku mantan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir. Kemudian Sardo Sirumapea selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan Gizi dan Vitamin Masyarakat Kabupaten Samosir pada Bidang Ketersediaan Bahan Pokok dan Logistik. Terakhir Santo Edi Simatupang, Direktur Utama (Dirut) PT Tarida Bintang Nusantara (TBN) selaku rekanan. 

Vonis terhadap keempat terdakwa dibacakan Majelis Hakim yang diketuai Sarma Siregar pada persidangan yang digelar di Ruang Cakra 9 Pengadilan Negeri Medan, Jumat (19/8/2022). 

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim menilai keempat terdakwa terbukti bersalah melakukan tindakan pidana korupsi dengan menyuruh, melakukan atau turut serta melakukan menyalahgunakan wewenang, kesempatan atau sarana yang ada pada dirinya secara tanpa hak memperkaya diri sendiri, orang lain atau korporasi yang mengakibatkan kerugian keuangan negara terkait penggunaan dana Percepatan Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Samosir pada tahun anggaran 2020.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: