5 Kota Terpadat di Sumatera Utara, Ini Peringkat Medan

Nani Suherni ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 12:42:00 WIB
5 Kota Terpadat di Sumatera Utara, Ini Peringkat Medan
Sejumlah warga mengikuti Fashion Week Medan di kawasan Kesawan. Kegiatan itu dilarang polisi karena mengganggu arus lalu lintas. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kota terpadat di Sumatera Utara berada di Medan. Kota yang jadi pusat perekonomian ini dihuni lebih dari 2,43 juta orang.

Setiap tahunnya jumlah penduduk suatu daerah ada yang bertambah dan berkurang. Hal tersebut tercatat dalam sensus penduduk.

Berikut kota terpadat di Sumatera Utara;

1. Kota Medan

Wisata Seru di Kota Medan, Istana Mainum (Foto: Instagram/Istana mainoon)
Wisata Seru di Kota Medan, Istana Mainum (Foto: Instagram/Istana mainoon)

Hasil sensus penduduk 2020 (SP2020) yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan Medan kota terpadat di Sumatera Utara. Sebaran penduduk di Sumatra Utara terkonsentrasi di Kota Medan dengan jumlah penduduk sebesar 2,43 juta orang atau 16,46 persen dari seluruh penduduk Sumatra Utara.

Secara rinci, penduduk Kota Medan berjenis kelamin laki-laki berjumlah 1,21 juta orang, sementara penduduk berjenis kelamin perempuan berjumlah 1,22 orang.

Adapun, luas Kota Medan hanya sebesar 0,35 persen dari luas wilayah Sumatra Utara atau sekitar 263 kilometer persegi. Kepadatan penduduk di kota Medan adalah 9.239 jiwa per kilometer persegi. Angka ini sekaligus menunjukkan Kota Medan merupakan Kota Terpadat di Sumut.

Dilihat dari angka tersebut, terjadi ketimpangan distribusi penduduk antara Kota Medan dengan wilayah lain di Sumut.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: