Ragam Pakaian Adat Sumatera Utara Beserta Filosofinya

Reza Rizki Saputra ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 12:31:00 WIB
Ragam Pakaian Adat Sumatera Utara Beserta Filosofinya
Pakaian Adat Batak Toba , Tenun Ulos (Foto: Dok Kemendikbud)

JAKARTA, iNews.id - Ragam pakaian adat Sumatera Utara menarik untuk kita ketahui. Indonesia memiliki banyak daerah dengan pakaian adatnya.

Provinsi Sumatera Utara merupakan rumah bagi berbagai suku. Terdapat tiga suku asli yang menghuni Sumatra Utara, yaitu suku Batak yang merupakan suku terbesar. Suku Batak terdiri atas beberapa sub suku seperti Batak Toba, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Simalungun, Batak Pakpak dan Batak Angkola. 

Terdapat pula suku Nias di bagian pantai selatan Sumatra dan suku Melayu yang tersebar di beberapa daerah. Maka dari itu, budaya yang dimilikinya sangat beragam seperti pada pakaian adat Sumatera Utara.

Pakaian adat Sumatera Utara banyak didominasi oleh pakaian adat suku Batak yang disebut dengan ulos, karena mayoritas penduduk di provinsi dengan ibukota Medan ini berasal dari suku Batak. Ulos hampir digunakan oleh semua sub suku Batak, hanya saja penamaan serta fungsinya berbeda-beda. Sementara suku Nias dan Melayu memiliki ciri khas pakaian adat tersendiri yang juga tak kalah unik. 

Berikut ragam pakaian adat Sumatera Utara;

1. Pakaian Adat Batak Toba

Pakaian Adat Batak Toba Tenun Ulos (Foto: Dok Kemendikbud)
Pakaian Adat Batak Toba Tenun Ulos (Foto: Dok Kemendikbud)

Ragam pakaian adat Sumatera Utara khas Batak Toba terbuat dari kain ulos atau kain tenun tradisional, mulai dari bagian atas hingga ke bawah. Pakaian adat pria bagian atas disebut dengan ampe-ampe dan bagian bawah disebut dengan singkot. Sementara untuk perempuan, bagian atas berupa hoba-hoba dan bagian bawah adalah haen.

Penggunaan busana ini juga dilengkapi dengan aksesoris berupa penutup kepala pada laki-laki yang disebut bulang-bulang dan pengikat kepala atau tali-tali pada perempuan, serta memakai selendang ulos.

Bagi orang-orang Batak Toba, ulos memiliki arti khusus. Jenisnya pun ada banyak, sesuai dengan maknanya masing-masing. Misalnya saja, ulos ragi hotang digunakan untuk pesta sukacita, ulos simbolang dikenakan saat berduka, dan masih banyak jenis lainnya. Selain upacara adat, pakaian adat Batak Toba digunakan untuk acara tertentu seperti pesta pernikahan dan pesta syukuran.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: