Kreatif, Polwan Polda Sumut Buat Cairan Pembersih Tangan Cegah Covid-19

Antara ยท Sabtu, 21 Maret 2020 - 13:01 WIB
Kreatif, Polwan Polda Sumut Buat Cairan Pembersih Tangan Cegah Covid-19
Polwan Polda Sumut saat meracik bahan baku untuk pembuatan cairan pembersih tangan (hand sanitizer). (Foto: Antara)

MEDAN, iNews.id - Angggota Polwan Polda Sumatera Utara meracik cairan anti septik pembersih tangan (hand sanitizer) secara mandiri. Hal ini sebagai upaya mencegah penularan virus korona atau Covid-19.

Kepala Sub Penerangan Masyarakat Polda Sumatera Utara AKBP MP Nainggolan mengatakan, cairan itu diracik dari bahan sesuai dengan standar formula dari WHO. Bahan-bahan tersebut terdiri atas etanol, gliserol/gliserin, H2O2, serta aquades.

Dia mengakui, bahan bakunya sulit diperoleh dan langka. Kalaupun ada di pasar, harga terbilang sangat mahal.

Kendati demikian, Polri sebagai pelayan masyarakat harus dapat menjaga kesehatan diri sehingga polwan Polda Sumut pun berinisiatif untuk membuat cairan pembersih tersebut. Hasil kreativitas pembuatannya dibagikan kepada setiap personel saat apel pagi.

"Hasil yang dicapai telah dikemas dalam ukuran 50 ml sebanyak 1.300 botol dan kemasan 100 ml sebanyak 40 botol," ujarnya, Sabtu (21/3/2020).

Nainggolan mengatakan, polwan juga menyemprotkan disinfektan kepada Pejabat Utama (PJU) Polda Sumut dan personel guna mencegah penyebaran virus korona.

Selain itu juga pengecekan suhu tubuh, dan pemberian cairan kepada personel kepolisian tersebut. Pemberian cairan antibakteri itu agar seluruh personel tetap sehat dan terbebas Covid-19.

"Hal ini merupakan perintah Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin agar seluruh ruangan kerja di Mapolda bersih untuk menghindari wabah virus korona," kata mantan Kapolres Nias Selatan tersebut.


Editor : Donald Karouw