Kunjungi Asahan, Arya Sinulingga: Puskesmas di Daerah Butuh Perhatian

Stepanus Purba ยท Jumat, 28 September 2018 - 09:15 WIB
Kunjungi Asahan, Arya Sinulingga: Puskesmas di Daerah Butuh Perhatian
Tokoh masyarakat Sumut Arya Sinulingga saat berfoto bersama tenaga kesehatan dan warga setempat di depan Puskesmas Mandoge, Asahan. (Foto: Istimewa)

ASAHAN, iNews.id – Mendapatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang layak merupakan hak setiap warga negara sebagaimana diatur dalam Undang-undang. Ternyata cita-cita ini belum sepenuhnya tercapai melihat masih banyaknya lokasi pelayanan kesehatan khususnya puskesmas yang bisa dikatakan jauh dari layak.

Salah satunya yang terdapat di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut). Berbagai kekurangan fasilitas sarana dan prasarana puskesmas ini terkuak saat kunjungan Tokoh Masyarakat Sumut Arya Sinulingga, Kamis (27/9/2018).

Dalam kunjungan itu, Arya menerima banyak keluhan dan menyerap aspirasi warga setempat. Salah satunya yang diungkapkan Tokoh Masyarakat Bandar Pasir Mandoge Fahri Sitorus. Dia mengungkapkan, keberadaan Puskesmas Bandar Pasir Mandoge selama ini telah menjadi kebutuhan vital bagi masyarakat setempat.

Namun Fahri menyayangkan kondisinya yang masih banyak kekurangan, khususnya di bidang pelayanan dan fasilitas kesehatan. Hal itu menyebabkan puskemasi itu tidak mampu memberi pelayanan maksimal. "Bagaimana mau maksimal, meski dokter ada, tapi fasilitas penunjangnya masih sangat minim," kata Fahri.


Fahri berharap, ada perhatian khusus dari pemerintah untuk peningkatan kualitas Puskemas Mandoge. "Terlebih puskesmas ini juga melayani kesehatan masyarakat Simalungun. Karena kami berbatasan langsung dengan kabupaten Simalungun," ujarnya.

Senada dengan Fahri, seorang tenaga kesehatan sukarelawan yang biasa membantu di Puskemas Mandoge bernama Raura juga mengharapkan perhatian pemerintah. Selain itn, Puskesmas Bandar Pasir Mandoge juga sangat membutuhkan tambahan tenaga kesehatan.

"Kami sangat berharap perhatian dari pemerintah khususnya untuk kami para tenaga kesehatan sukarelawan. Karena sampai saat ini kami sendiri tidak pernah mendapatkan gaji," ucapnya.

Sementara itu, Arya Sinulingga yang mendengar aspirasi dan keluhan masyarakat mengungkapkan, kedatangannya ke Puskesmas Bandar Pasir Mandoge untuk melihat langsung kondisi yang terjadi di daerah, khususnya mengenai pelayanan dan fasilitas kesehatan.

Arya menilai, keberadaan puskesmas harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, baik pusat mau pun provinsi. "Untuk itu kami akan minta agar pemerintah provinsi memberikan bantuan untuk peningkatan pelayanan dan fasilitas kesehatan di Puskesmas ini. Apalagi daerah ini perbatasan Kabupaten Asahan dan Simalungun," ujarnya.

Dia juga meminta agar pemeritah menambah tenaga medis, khususnya dokter untuk membantu pelayanan di Puskesmas Mandoge. "Kami ketahui bersama jumlah penduduk di sini terus bertambah, sedangkan tenaga dokter masih sangat minim," kata Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN)  pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-KH Ma'aruf Amin.

Soal keberadaan tenaga kesehatan sukarelawan, Arya berharap ke depan mereka mendapat perhatian dari pemerintah. Dia menilai harus ada solusi cerdas dari semua pihak, entah itu dari pemerintah kabupaten, provinsi atau pusat untuk membantu keberadaan mereka.

"Mereka ini (tenaga kesehatan) sangat dibutuhkan. Namun belum ada perhatian khusus seperti pemberian insentif yang bisa menunjang kehidupan mereka," tuturnya.


Editor : Donald Karouw