3 Lagu Bahasa Mandailing Populer Sepanjang Masa

Tati Rukmanah ยท Rabu, 07 September 2022 - 14:11:00 WIB
3 Lagu Bahasa Mandailing Populer Sepanjang Masa
Rumah adat Mandailing di Bagas Godang yang disulap Pemkab Madina menjadi lokasi perawatan pasien Covid-19. (Foto: iNews/Ahmad Husein Lubis)

JAKARTA, iNews.id - Lagu bahasa Mandailing populer dan banyak diperbincangkan salah satunya lagu Ketabo. Lagu tersebut diciptakan Nahum Situmorang yang dinyanyikan oleh Charles Simbolon. 

Mandailing merupakan etnis yang ada di Sumatera Utara. Bahasa Mandailing dibagi menjadi dua bagian yaitu Mandailing Utara dan Mandailing Selatan. Bahasa Mandailing meluas dari Ophir bagian selatan sampai perbatasan bagian utara dari Batang Toru. 

Mandailing mempunyai lagu yang maknanya mendalam. Lagu ini pun banyak diminati oleh masyarakat setempat khususnya di Sumatera Utara mulai dari lagu galau, bahagia, hingga lagu yang mengingatkan kita pada orang tua. 

Berikut 3 rekomendasi lagu bahasa Mandailing populer sepanjang masa 

Rere Mana Rere

Lagu dengan judul Rere Mana Rere ini diciptakan oleh Bahraini Lubis lalu kemudian dinyanyikan dan dipopulerkan oleh sang penyanyi yang bernama Mijah Nasution. Lagu ini cukup populer dikarenakan sering dipakai di acara pernikahan. 

Lagu ini berkisah tentang seorang wanita yang ingin menikah dan akan meninggalkan rumahnya lantaran akan ikut tinggal bersama suaminya. Lagu ini mengisahkan secara mendetail tentang kehidupan seorang anak dari sebelum dia menikah meninggalkan semua kenangan yang ada di rumahnya tersebut.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: