Lirik Lagu Rambadia, Salam Perkenalan Orang Batak Menanyakan Asal Usul Marga Seseorang

Amelia Ayu Aldira · Selasa, 15 November 2022 - 16:58:00 WIB
Lirik Lagu Rambadia, Salam Perkenalan Orang Batak Menanyakan Asal Usul Marga Seseorang
Ilustrasi, lirik lagu Rambadia memiliki makna tersendiri, berisi tentang salam perkenalan orang Batak dengan menanyakan asal usul marga seseorang. (Foto: Freepik).

MEDAN, iNews.id - Lirik lagu Rambadia memiliki makna tersendiri. Lagu Rambadia berisi tentang salam perkenalan orang Batak dengan menanyakan asal usul marga seseorang. 

Lagu Rambadia merupakan salah satu lagu daerah yang berasal dari Tapanuli, Sumatera Utara. Tapanuli merupakan bagian dari provinsi Sumatera Utara. 

Tapanuli, daerah di pesisir pantai barat Sumatera Utara berasal dari kata Tapian Nauli yang berarti Tepi Sebelah Barat. Biasanya dinyanyikan oleh masyarakat suku Batak saat ada pendatang. 

Makna Lagu Rambadia

Ramba artinya rumput yang berarti kiasan dari nama marga. Liriknya menggunakan bahasa Batak dan dinyanyikan dengan ketukan 4/4 allegro moderato. Sehingga lagu ini memiliki nuansa cerita dan gembira. 

Makna lagu Rambadia mendeskripsikan tegur sapa orang Batak dengan orang baru (ucapan salam kenal). Tegur sapa dilakukan dengan menanyakan asal marga apa, dari mana dan sebagainya. 

Pada dasarnya, orang Batak ketika berkenalan tidak terlalu peduli dengan nama, tetapi lebih kepada marga atau rumpunnya. Apabila marga atau rumpunnya sama, akan tercipta kerukunan dan persatuan yang baik. 

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: