Medan, Deliserdang dan Tanjungbalai Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19 di Sumut

Antara · Sabtu, 04 April 2020 - 15:11 WIB
Medan, Deliserdang dan Tanjungbalai Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19 di Sumut
Ilustrasi virus corona. (Foto: Ist)

MEDAN, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) membagi 33 kabupaten/kota menjadi tiga zona penyebaran Covid-19. Pemetaan ini untuk memaksimalkan upaya pencegahan virus corona.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina mengatakan, ada tiga wilayah yang masuk dalam kategori zona merah. Yakni Kota Medan, Kabupaten Deliserdang dan Kota Tanjungbalai.

Hal itu disampaikan Sekdaprov dalam laporan melalui teleconference perkembangan penanganan Covid-19 di sumut kepada Plt Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, Jumat(3/4).

"Jumlah penduduk di tiga daerah itu sangat banyak dan tingkat pergerakan orang atau mobilitasnya tinggi," kata Sabrina, Jumat (3/4/2020).

Selain itu, dasar lainnya ketiga daerah itu masuk zona merah karena ketiga berada di pintu keluar masuk dari dan wilayah Sumut.

Sabrina mengungkapkan, selain tiga wilayah masuk zona merah, juga menempatkan enam kabupaten/kota dalam zona kuning. Sementara 24 wilayah di Sumut lainnya kategori zona biru.

Kendati demikian, dia tak merinci nama-nama daerah di dua zona tersebut. Hanya disebutkan, daerah zona kuning merupakan wilayah penyangga zona merah, sekaligus yang paling banyak menerima kembalinya TKI dan perantau dari dan ke luar negeri.

Sementara itu untuk zona biru, merupakan daerah-daerah yang sampai saat ini masih relatif aman dari penyebaran Covid-19.


Editor : Donald Karouw