Medan Disebut Kota Terkotor, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Beberkan Data

Nani Suherni ยท Rabu, 25 Januari 2023 - 11:15:00 WIB
Medan Disebut Kota Terkotor, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Beberkan Data
TPA Terjun di Medan (Foto: Dok Dinas LH Pemkot Medan)

MEDAN, iNews.id - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Medan, Suryadi Panjaitan angkat bicara usai wilayahnya disebut kota terkotor di Indonesia oleh beberapa media.  Suryadi memastikan jika Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tidak pernah penyebutkan Medan jadi kota terkotor.

"Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tidak pernah mengatakan Medan Kota Terkotor. Cuma nilainya rendah, belum mencapai untuk memperoleh Adipura dan itu pun kejadiannya 2018," ucapnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/1/2023). 

"Coba lihat Kota Medan sekarang. Sudah luar biasa bersihnya. Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan juga sudah meningkat," katanya lagi.

Dia mengatakan, soal Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) juga sudah jauh berubah lebih baik. Bahkan, pada Maret 2023 ini TPA sistem sanitary landfill yang dibangun dekat TPA Terjun ini selesai. 

Selain itu, TPA Terjun sudah menerapkan sistem controlled landfill. Sistem ini, sebutnya mengurangi potensi gangguan lingkungan dengan menimbun sampah memakai tanah secara periodik. 

Dalam operasionalnya, untuk meningkatkan efisiensi pemanfaatan lahan dan kestabilan permukaan TPA, dilakukan juga perataan dan pemadatan sampah.

"Dan, boleh orang datang dan lihat ke TPA Terjun sekarang. Bau nggak lagi? Saya raya nggaklah. Saya juga baru ke sana, sana naik ke atas. Bombastis sekali pemberitaan soal Medan Kota Terkotor. Membuat opini yang tidak baik. Mestinya sama-sama kita membangun Kota Medan, kasi masukan, jangan buat opini yang tidak ada," ujarnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: