Mobil BNN Dirusak Massa Warga saat Penggerebekan Bandar Narkoba di Deliserdang

Amiruddin ยท Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:20 WIB
Mobil BNN Dirusak Massa Warga saat Penggerebekan Bandar Narkoba di Deliserdang
Mobil BNN yang dirusak warga saat penggebekan di Pantai Labu, Deliserdang. (Foto: iNews/Amiruddin)

DELISERDANG, iNews.id - Mobil operasi milik Badan Narkotika Nasional (BNN) dirusak massa warga ketika mengerebek bandar narkoba di Desa Raugemuk, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (5/8/2020). Pelaku yang sudah ditangkap terpaksa dilepaskan karena warga mengamuk dan berupaya menyerang.

Kepala BNNK Deliserdang KBP Safwan Hayat saat mengatakan kejadian itu terjadi saat pagi hari ketika penggerebekan.

"Kejadian ini sudah saya laporkan ke BNN Provinsi, ” katanya.

Dalam tayangan video amatir yang beredar, tampak mobil jenis Toyota Avanza dalam kondisi terbalik. Sejumlah kaca pecah dan bodi kendaraan penyok. Di lokasi sekitar mobil juga terdapat banyak batu ukuran besar hingga kayu diduga menjadi alat yang digunakan untuk merusak.

Kejadian perusakan mobil operasi BNN ini bermula dari penggerebekan seorang bandar narkoba di daerah setempat. Pelaku ini menjadi target hasil penangkapan tiga tersangka pengendar narkoba dengan barang bukti empat paket sabu pada Desember 2019.

Hasil pengembangan kasus, mengarah kepada bandar narkoba yang diketahui tinggal di Desa Raugemuk, Pantai Labu. Atas informasi ini, tim bergerak menggerebek lokasi dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan kepala desa setempat.

Saat penggerebekan, pelaku berinisal SP diduga sebagai bandar diamankan di salah satu rumah. Namun saat itu muncul seseorang yang mengaku tokoh masyarakat datang untuk menyaksikan penanangkapan.

Namun petugas BNN tidak memperbolehkannya mendekat karena lokasi sedang dilakukan sterilisasi. Saat itu terjadi dorong mendorong hingga pria yang mengaku tokoh masyarakat terjatuh.

Warga yang melihat hal itu tersulut emosi dan langsung menyerang anggota. Mereka melampiaskan amarah dengan merusak mobil dinas milik BNN. Dalam keribatan tersebut, pelaku diduga bandar narkoba yang sebelumnya sudah diamankan terpaksa dilepas akibat penyerangan massa.

Selanjutnya polisi bersenjata lengkap datang ke lokasi untuk mengendalikan situasi. Mobil yang terbalik kemudian dikembalikan ke asalnya dan melakukan langkah-langkan tindakan kepolisian.


Editor : Donald Karouw