MUI Sumut Perbolehkan Salat Idul Fitri Digelar di Lapangan dan Masjid

Ahmad Ridwan Nasution ยท Senin, 18 Mei 2020 - 20:07 WIB
MUI Sumut Perbolehkan Salat Idul Fitri  Digelar di Lapangan dan Masjid
Ketua MUI Sumut Professor Haji Abdullah Syah (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara memperbolehkan masyarakat untuk menggelar Salat Idul Fitri 1441 Hijriah berjamaah di masjid dan lapangan terbuka. Meskipun begitu, dalam pelaksanaan salat Ied, masyarakat diimbau menaati protokol kesehatan Covid-19.

Ketua MUI Sumut Professor Haji Abdullah Syah mengatakan, fatwa terkait dengan pelaksanaan Salat Ied di lapangan terbuka maupun masjid ini telah diterbitkan pada 13 Mei 2020 lalu. Salah satu pertimbangan, MUI Sumut untuk tetap melaksankan Salat Ied berjamaah di lapangan terbuka dan masjid karena pandemi Covid-19 masih belum masuk ke tahap mengkhawatirkan.

“Untuk semua warga tetap laksanakan Salat Ied di masjid dan di lapangan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dan menggunakan masker,” katanya.

Meskipun diperbolehkan, dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan mencuci tangan serta menerapkan physical distancing.

Sementara kepada masyarakat yang dalam kondisi tidak sehat, MUI Sumut mengimbau untuk melakukan Salat Ied di rumah saja.

"Untuk yang sakit melaksanakan Salat Ied di rumah agar tidak berpotensi terkena penyakit yang tak di inginkan," ucapnya.

Diketahui, hingga Senin (18/5/2020) pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara berjumlah 225 orang. Pasien yang sembuh dari Covid-19 berjumlah 58 orang. Sementara korban meninggal dunia karena Covid-19 berjumlah 27 orang


Editor : Stepanus Purba