Mutasi Polri, Anak Medan Ini Jabat Wadireskrimsus Polda Sumut

Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 18 April 2020 - 14:14 WIB
Mutasi Polri, Anak Medan Ini Jabat Wadireskrimsus Polda Sumut
AKBP Patar MH Silalahi ditunjuk sebagai Wadireskrimsus Polda Sumut berdasarkan Telegram Kapolri, Jumat (17/4/2020) kemarin. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id – Gerbong mutasi perwira tinggi dan perwira menengah Polri kembali bergerak. Kali ini Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menerbitkan tiga surat telegram yang berisikan 75 nama pati dan pamen untuk berganti jabatan.

Di jajaran Polda Sumatera Utara, jabatan wakil direktur reserse kriminal khusus (wadireskrimsus) ikut berubah. AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto dimutasi sebagai Pamen Baharkam Polri.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1233/IV/KEP./2020 tertanggal 17 April 2020, Kapolri selanjutnya menunjuk AKBP Patar Marlon Hasudungan Silalahi sebagai Wadireskrimsus Polda Sumut.

"Mutasi jabatan hal biasa di dalam Polri sebagai regenerasi, tour of area dan dalam rangka mengoptimalkan kinerja organisasi," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono, Sabtu (18/4/2020).

Pergantian jabatan ini tidak membuat Patar beralih lokasi tugas. Saat ini pun dia sudah dinas di Polda Sumut sebagai Kabag Rorena.

Dengan menjabat wadireskrimsus, itu seperti mengembalikan Patar ke habitatnya. Perwira kelahiran Medan, 26 November 1976 ini memang berpengalaman di bidang reserse.

Pernah menjabat sebagai Kapolres Medan Timur, Patar juga tercatat sebagai mantan Kapolres Alor, Nusa Tenggara Timur. Dari Alor, dia diberi tugas baru sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda NTT, sebelum kemudian dipindah lagi ke Sumut.

Dalam mutasi kali ini, pamen yang juga mendapatkan promosi antara lain AKBP Totok Mulyanto. Dia ditarik dari jabatannya sebagai Irbid Itwasda Polda NTT menjadi Wakapolresta Malang.


Editor : Zen Teguh