Namanya Dicatut untuk Penipuan Investasi Bodong, Warga Medan Mengadu ke Polisi

Stepanus Purba · Selasa, 27 Oktober 2020 - 08:49:00 WIB
Namanya Dicatut untuk Penipuan Investasi Bodong, Warga Medan Mengadu ke Polisi
Fakar Suhartimi warga Kota Medan yang dicatut namanya untuk penipuan investasi. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Seorang warga Kota Medan, Fakar Suhartimi mendatangi Polrestabes Medan di Jalan HM Said Medan, Senin (26/10/2020) sore. Fakir melaporkan sebuah akun media sosial yang mencatut namanya dan digunakan untuk investasi bodong.

Fakar mengatakan para pelaku dalam menjalankan operasinya menggunakan namanya. Demi meyakinkan, para pelaku menggunakan foto korban yang diduga diambil dari media sosial. Untuk meyakinkan korbannya pelaku juga membuat rekening bank dengan nama yang hampir sama. Ada tiga rekening bank yang dibuat oleh pelaku.

"Hebatnya nomor rekeningnya itu dikloning nama saya, di salah satu bank itu memakai nama Suhartami Pratama, yang satu lagi nama lengkap Fakar Suhartami Pratama," ujarnya.

Dalam aksinya pelaku mengimingi-imingi investasi titip dana yang dapat keuntungan berlipat ganda dalam waktu singkat.

"Dia melakukan seperti sebuah investasi orang meletakkan duit di tempat dianya letakin Rp1 jutatidak sampai satu Minggu (menjadi) Rp1,7 juta," kata Fakar.

Fakar mengatakan pelaku juga mengkloning akun Instagram miliknya. Untuk mengelabui orang lain, menggunakan nama aku yang hampir sama.

"Nama saya di Instagram itu fakarich_ (underscorenya satu) dia bikin (akun penipu) yakni fakarich__ (underscorenya dua)," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba