Niat Viral, Puluhan Perempuan di Serdangbedagai Malah Dapat Tagihan Online Rp500.000

Wahyu Rustandi · Rabu, 14 Juli 2021 - 01:35:00 WIB
Niat Viral, Puluhan Perempuan di Serdangbedagai Malah Dapat Tagihan Online Rp500.000
Seorang warga keluar dari halaman Polres Sergai. (Foto: Istimewa).

SERGAI, iNews.id - Puluhan perempuan di Desa Sialang Buah Pekan, Kabupaten Serdangbedagai, Sumatera Utara (Sumut), terjerat utang pinjaman online. Mereka mengaku ditipu dengan modus membuat konten video viral di aplikasi TikTok.

Warga ini pun kemudian mendatangi Polres Serdangbedagai atas kasus penipuan yang dialaminya. Sebab mereka mendapatkan tagihan Rp500.000 per orang dari salah satu situs belanja online, padahal tak pernah meminjam uang.

Seorang korban, Erika Supiani mengatakan, pelakunya seornag pria yang mengaku warga Kota Binjai. Dia mendatangi warga satu per satu pada awal Juni 2021 lalu.

"Dia meminta kami membuat video agar viral di aplikasi TikTok. Lalu dikasih uang Rp50.000," kata Erika kepada wartawan, Selasa (13/7/2021).

Namun mereka harus lebih dulu berfoto sambil memegang KTP. Kemudian dia merekam aksi perempuan ini dengan ponsel korban. Ternyata dia diam-diam meregistrasi data korban diduga untuk peminjaman uang secara online.

"Ponsel kami dipegang, katanya untuk merekam video," ujarnya.

Selanjutnya dia mengembalikan ponsel tersebut dan memberikan uang Rp50.000 sebagaimana janji awalnya. Modus pelaku saat itu tak disadari korbannya. Mereka mulai curiga setelah ada tagihan sebesar Rp500.000 dari situs belanja online.

Warga percaya dengan pelaku karena istrinya merupakan warga Desa Sialang Buah Pekan. Namun dia sudah diajak ke Kota Binjai setelah menikah dengan pelaku.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal