Nomor WhatsApp Pejabat Polda Sumut Dibajak, Peretas Minta Pinjaman Uang

Antara ยท Jumat, 24 April 2020 - 12:41:00 WIB
Nomor WhatsApp Pejabat Polda Sumut Dibajak, Peretas Minta Pinjaman Uang
Ilustrasi peretasan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Kassubid Penmas Polda Sumatera Utara AKBP MP Nainggolan menjadi korban peretasan akun WhatsApp. Nomornya dibajak dan peretas meminta pinjaman uang kepada sejumlah kontak yang ada didaftar akun miliknya.

Atas kejadian tersebut, dia pun melaporkan kasus peretasan WhatsApp (WA) dengan nomor 0812 6266 700 milik pribadinya ke Cyber Crime Ditkrimsus Polda Sumut. Dia meminta pelaku segera ditangkap dan diproses hukum.

"Saya telah melaporkan kasusnya kepada Cyber Crime Ditkrimsus Polda Sumut," ujar Nainggolan di Medan, Kamis (23/4/2020).

Dia mengatakan, saat ini ini sudah ada empat orang yang melapor kepada dirinya jika mereka telah diminta sejumlah uang dengan mengirimkan pesan singkat melalui nomor WA miliknya.

Karena itu dia menegaskan, jika ada orang yang menghubungi dan mengirim pesan menggunakan nomor WA 0812 6266 700 mengatasnamakan MP Nainggolan dan meminta uang, maka jangan diladeni.

"Nomor WA saya telah di-hacker oknum yang sengaja mencari keuntungan pribadi," katanya.

Nainggolan menjelaskan, bukan hanya dirinya, namun ada sejumlah perwira di Polda Sumut yang mengalami hal sama. Akun mereka dibajak dan peretas meminta sejumlah uang melalui kontak di WA.

"Saya mengimbau kepada rekan-rekan jurnalis, warga masyarakat, instansi pemerintah maupun swasta dan lainnya agar tidak meladeni permintaan tersebut," kata mantan Kapolres Nias Selatan tersebut.

Editor : Donald Karouw