Operasi Patuh Toba Digelar Mulai 23 Juli Besok di Sumut, Libatkan 1.295 Personel

Antara ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 09:26 WIB
Operasi Patuh Toba Digelar Mulai 23 Juli Besok di Sumut, Libatkan 1.295 Personel
Ilustrasi operasi lalu lintas. (Foto: Dok iNews.id)

MEDAN, iNews.id - Operasi Patuh Toba di Sumatera Utara (Sumut) akan digelar selama 14 hari, sejak 23 Juli hingga 5 Agustus 2020. Operasi untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, itu melibatkan sebanyak 1.295 personel.

"Kegiatan tersebut mengedepankan tindakan preemtif, dan preventif serta penegakan hukum. Hal ini untuk meningkatkan simpati masyarakat terhadap polisi lalu lintas dan dalam rangka pencegahan Covid-19," kata Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan, di Medan, Selasa (21/7/2020).

Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Wibowo sebelumnya mengatakan, tujuan dan sasaran Operasi Patuh Toba 2020 untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib,dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran, serta kemacetan. Kemudian, meningkatkan ketertiban, kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dan berkurangnya penyebaran virus corona.

"Adapun sasarannya segala bentuk potensi gangguan (PG), ambang gangguan (AG) dan gangguan nyata (GN) yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Kemudian, lokasi yang menjadi tempat penyebaran virus Covid-19," ujarnya.

Wibowo mengatakan, pelaksanaan Operasi Patuh 2020 ditargetkan mampu menurunkan lokasi kemacetan, kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas. Target tersebut disesuaikan dengan karateristik wilayah masing-masing dengan mempedomani protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus corona secara preemtif, preventif dan persuasif, juga humanis.

"Kami mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan tetap menjalankan protokol kesehatan," katanya.


Editor : Maria Christina