Partai Perindo Sumut Minta Pemerintah Percepat Distribusi Bantuan Korban Gempa Taput

Wahyudi Aulia Siregar ยท Sabtu, 01 Oktober 2022 - 21:05:00 WIB
Partai Perindo Sumut Minta Pemerintah Percepat Distribusi Bantuan Korban Gempa Taput
Wakil Ketua DPW Partai Perindo Sumut Jonius Taripar Parsaoran (JTP) Hutabarat minta pemerintah percepat penyaluran bantuan korban gempa di Tapanuli Utara. (Foto : Ist)

TARUTUNG, iNews.id - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) meminta pemerintah mempercepat proses distribusi bantuan kepada korban gempa bumi di Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Permintaan ini disampaikan Wakil Ketua DPW Partai Perindo Sumut Jonius Taripar Parsaoran (JTP) Hutabarat, Sabtu (1/10/2022). 

Menurutnya, saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan berupa makanan dan juga tempat tinggal pascarumah mereka rusak akibat gempa. Utamanya, masyarakat yang tinggal di tiga kecamatan sekitar pusat gempa, yakni Kecamatan Parmonangan, Sipoholon dan Kecamatan Tarutung. 

Termasuk warga yang menjadi korban kebakaran di Pasar Sarulla. Sebanyak 19 kios di pasar itu hangus terbakar akibat gempa bermagnitudo 6,0 tersebut.

"Kami minta agar bantuan segera disalurkan. Saya merasakan di sini dan merasakan langsung gempa tersebut. Sangat besar sekali kekuatan dan dampaknya. Saya belum melihat ada bantuan. Padahal banyak bangunan runtuh, jalan rusak dan tanggul jebol akibat gempa. Saat ini mereka yang menjadi korban membutuhkan kehadiran pemerintah," kata JT yang juga menjabat sebagai Sekretaris Komisi A DPRD Sumut, Sabtu (1/10/2022). 

Dia juga meminta pemerintah menyediakan tenda pengungsian di lokasi terdampak paling parah. Hal itu karena sebagian besar masyarakat kini masih trauma akibat kuatnya gempa tersebut. 

"Masyarakat masih khawatir terjadi gempa susulan. Mereka diminta untuk malam ini tidak tidur di dalam rumah. Di teras saja, agar mudah melarikan diri jika kembali terjadi gempa. Tapi kami harap, pemerintah bisa menyediakan tenda pengungsian dan juga dapur umum," ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: