Pascaateguran Erick Tohir, Seluruh SPBU di Sumut Diminta Gratiskan Penggunaan Toilet

Wahyudi Aulia Siregar · Selasa, 23 November 2021 - 19:43:00 WIB
Pascaateguran Erick Tohir, Seluruh SPBU di Sumut Diminta Gratiskan Penggunaan Toilet
Ilustrasi toilet SPBU. (foto: Iqbal/MPI)

MEDAN, iNews.id - PT Pertamina mengingatkan kepada seluruh pengelola Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) untuk menggratiskan layanan toilet yang ada di SPBU. Peringatan tersebut disampaikan sebagai respons atas viral video Menteri BUMN yang meminta toilat di SPBU digratiskan oleh pengelola SPBU. 

"Kami berterima kasih atas masukan pak menteri dan  masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik. Toilet merupakan fasilitas yang disediakan untuk pengguna SPBU. Jadi sudah seharusnya gratis," kata Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman, Selasa (23/11/2021).

Selain gratis, Pertamina juga mengingatkan seluruh pengelola SPBU untuk memperhatikan kebersihan toilet guna kenyamanan masyarakat yang menggunakannya. 

"Kami ingatkan kepada seluruh SPBU untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, tidak hanya bbm namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan  dan kenyamanannya," kata Taufik.

Sebelumnya sebuah video yang mereka pernyataan Menteri BUMN Erick Tohir, viral di media sosial setelah ia menemukan adanya pungutan di salah satu SPBU Pertamina yang ia datangi. 

Di SPBU itu, Erick menemukan setiap pengguna jasa SPBU yang hendak menggunakan toilet ditarik pungutan antara Rp2.000-4.000. 

Padahal menurut Erick, toilet di SPBU adalah bagian dari fasiliats publik yang disediakan pengusaha SPBU, baik swasta maupun yang dikelola Pertamina. Fasilitas publik ini menjadi layanan terintegrasi dari bisnis BBM yang dijalani di SPBU tersebut.

"Saya minta tidak lagi ada pungutan toilet di SPBU Pertamina. Baik yang dikelola swasta ataupun yang langsung dikelola Pertamina," ucapnya. 

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: