Pembangunan Proyek Jalur Kereta Sumut-Aceh Capai 83%, Ditarget Rampung Tahun Ini

Antara ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 10:38 WIB
Pembangunan Proyek Jalur Kereta Sumut-Aceh Capai 83%, Ditarget Rampung Tahun Ini
Ilustrasi pengerjaan rel kereta api. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Pengerjaan jalur Kereta Api (KA) yang menghubungkan antara Besitang di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) dengan Kabupaten Langsa di Provinsi Aceh sudah berjalan 83 persen hingga Desember 2019. Pembangunan ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pejabat Pembuat Komitmen Aceh Wilayah II Balai Teknik (Baltek) Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumut Halim Hartono mengatakan, proyek jalur kereta yang menghubungkan Sumut-Aceh dibangun sepanjang 35 kilometer (Km).

"Pembangunan jalur KA Besitang-Langsa dimulai tahun 2017 dan diharapkan rampung tahun ini (2020)," ujar Halim Hartono, didampingi Manager Humas PT KAI Divre I Sumut M Ilud Siregar di Medan, Kamis (9/1/2020).

BACA JUGA: Presiden Jokowi Akan Resmikan Jalur Rel Kereta Layang Medan-Bandara Kualanamu

Hingga saat ini, Baltek Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan terus mengerjakan proyek tersebut. Harapannya, pengerjaan berjalan lancar sehingga bisa rampung sesuai jadwal.

Menurutnya, kegiatan pekerjaaan meliputi pembebasan lahan dan pembangunan konstruksi sesuai dengan aturan berlaku. Antara lain meliputi tubuh jalan berupa pekerjaan galian dan timbunan. Kemudian pemasangan rel R.54 beserta bantalan beton dan aksesorisnya. Dan pemasangan wesel baru R.54 bantalan beton di 6 emplasemen setiap masing-masing stasiun baru.

Selain itu juga pembangunan jembatan dengan konstruksi I-girder, box culver, over pass dan jalan bawah tanah, persinyalan elektrik serta pembangunan Stasiun Sei Liput, Halaban dan Stasiun Sei Sirah.

"Baltek Perkeretaapian berharap mendapat dukungan dari semua pihak agar pembangunan jalur KA yang menghubungkan Sumut-Aceh rampung sesuai jadwal dan bisa dioperasikan serta bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.


Editor : Donald Karouw