Pembunuh Ibu Rumah Tangga di Tapsel Serahkan Diri, Motif Tak Tahan Dihina Korban

Indra Mulia Siagian ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 15:10 WIB
Pembunuh Ibu Rumah Tangga di Tapsel Serahkan Diri, Motif Tak Tahan Dihina Korban
Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj saat ekspose kasus pembunuhan terhadap ibu rumah tangga. (Foto: iNews/ Indra Mulia Siagian)

TAPSEL, iNews.id - Pelaku pembunuhan Liza Hanum, ibu rumah tangga warga Dusun Janji Matogu, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara menyerahkan diri ke polisi, Senin (27/7/2020). Pelaku merupakan tetangga korban.

Sebelumnya pelaku sempat kabur ke Medan usai menghabisi nyawa korban. Namun setelah dibujuk keluarga, pelaku yakni Rantio Sihite (41) akhirnya mau untuk serahkan diri dan mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj mengatakan, kasus pembunuhan ini berawal saat pelaku memaki anak korban dengan sebutan mata kero atau mata celong. Mendengar hinaan tersebut, anak korban menangis dan mengadu kepada ibunya.

Korban selanjutnya mendatangi pelaku dan mencaci makinya. Dia tak terima anaknya dihina pelaku. Dalam pertengkaran tersebut, pelaku yang emosi dicaci maki korban lantas menganiaya menggunakan balok kayu. Dia memukul korban dua kali hingga tersungkur dan tewas lalu melarikan diri.

"Jadi awalnya pelaku ini menghina anak korban. Anak korban nangis dan mengadu ke ibunya. Ibunya datang dan mengeluarkan kata-kata kotor ke pelaku. Pelaku tak terima dan memukul kepada korban dengan kayu hingga tewas," ujar Roman saat ekspose di Mapolres Tapsel, Senin (27/7/2020).

Pelaku mengaku tega menganiaya korban hingga tewas lantaran tidak tahan dengan ucapan korban yang memaki dirinya. Akibat perbuatannya, pelaku kini harus mendekam di sel tahanan Polres Tapsel.


Editor : Donald Karouw