Pemerintah Batalkan Keberangkatan Haji, Ini Kata MUI Kota Medan

Stepanus Purba ยท Kamis, 04 Juni 2020 - 09:50 WIB
Pemerintah Batalkan Keberangkatan Haji,  Ini Kata MUI Kota Medan
Ketua MUI Medan Mohammad Hatta. (Foto : istimewa)

MEDAN, iNews.id – Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk membatalkan keberangkatan Ibadah Haji tahun 2020. Keputusan pembatalan ini diambil pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Menanggapi keputusan pemerintah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan mengimbau kepada para jemaah calon haji yang batal berangkat untuk bersabar. Menurut MUI Kota Medan, keputusan membatalkan keberangkatan haji tahun 2020 demi kebaikan bersama.

"Kebijakan pemerintah untuk tidak melaksanakan ibadah haji tahun ini sungguh terasa berat. Jemaah harus bersabar karena ini demi keselamatan kebersamaan seluruh umat di dunia," kata Ketua MUI Kota Medan, Mohammad Hatta, Kamis (4/6/2020).

Hatta meminta kepada para jemaah calon haji tahun 2020 dapat memahami situai yang terjadi saat ini. Dia meminta kepada masyarakat yang batal berangkat untuk tidak mengeluh dan kecewa.

"Hal yang wajar (kecewa) karena sudah berharap berangkat haji, tapi tiba-tiba dibatalkan. Tapi saya katakan itu bukan kehendak dari pemerintah tapi ini kehendak seluruh manusia di dunia," katanya.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) kementrian Agama (Kemenag) Sumut, HM David Saragih mengatakan menindaklanjuti keputusan Menteri Agama terkait penundaan keberangkatan haji tahun ini, ada 8.328 calon jemaah asal Sumut yang berangkat tahun ini namun ditunda karena keputusan pemerintah.

Sebagai gantinya, lanjutnya, jika calon jamaah haji yang sedianya berangkat tahun 2020 dijadwalkan berangkat pada tahun 2021.

"Kalau menurut mekanisme, yang tak jadi berangkat tahun ini berangkat tahun 2021. Yang tahun 2021 berangkat 2022, karena berdasarkan kuota," katanya


Editor : Stepanus Purba