Pemprov Sumut Ajak Warga Isi Sensus Penduduk Online 2020

Stepanus Purba ยท Selasa, 18 Februari 2020 - 15:05:00 WIB
Pemprov Sumut Ajak Warga Isi Sensus Penduduk Online 2020
Sekdaprov Sumut R Sabrina saat mengisi sensus penduduk di ruang kerjanya, Senin (17/2/2020). (Foto: Humas Pemprov Sumut)

MEDAN, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengajak warga menyukseskan Sensus Penduduk 2020 via online. Sensus ini telah dimulai sejak Sabtu (15/2/2020) dan berakhir 31 Maret mendatang untuk tahap pertama.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina mengatakan, sensus penduduk akan membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan secara optimal. Pemerintah bisa mengetahui kondisi ataupun angka yang dibutuhkan sehingga kebijakan yang dibuat tepat sasaran.

“Sensus ini kan untuk kepentingan kita bersama. Waktu untuk mengisinya juga tidak perlu lama,” ujar Sabrina, Senin (17/2/2020).

Dia mengajak seluruh masyarakat Sumut agar berpartisipasi aktif untuk mengisi data sensus secara mandiri atau online. Tidak hanya mengajak, pada kesempatan itu, Sabrina juga langsung mengisi sensus dengan mengakses laman sensus.bps.go.id.

“Mari sukseskan sensus penduduk online dengan cara mengisi data kependudukan di laman yang sudah disediakan. Segera mungkin karena pakai ponsel juga bisa,” katanya.

Sekdaprov mengapresiasi sistem sensus yang sudah online. Hal ini sangat mempermudah, mulai dari tenaga, waktu dan biaya.

“Sebenarnya saya pikir inilah gunanya teknologi. Itu bisa membantu pekerjaan, sensus yang tidak online akan memakan banyak waktu, biaya dan tenaga,” kata Sabrina.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut Syech Suhaimi menyampaikan, Sensus Penduduk 2020 dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama mulai tanggal 15 – 31 Maret 2020 secara mandiri. Tahap kedua, bagi masyarakat yang tidak mengisi online, maka petugas BPS akan mendatanginya.

“Kami sudah memulai sensus penduduk secara online seluruh Indonesia. Dalam dua hari ini, masyarakat sudah merespons namun belum maksimal. Kami harapkan minggu ke dua sudah maksimal,” ujar Suhaimi.

Editor : Donald Karouw