Penggerebekan Pesta Ganja di USU Permintaan Rektorat

Wahyudi Aulia Siregar ยท Selasa, 12 Oktober 2021 - 10:15:00 WIB
Penggerebekan Pesta Ganja di USU Permintaan Rektorat
Wakil Rektor V Universitas Sumatera Utara (USU) Luhut Sihombing MP (nomor tiga dari kanan) saat menyampaikan rilis pers di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut. (Foto: Antara/Munawar)

MEDAN, iNews.id - Penggerebekan pesta ganja di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) dilakukan atas permintaan pihak rektorat kampus. Langkah tersebut dilakukan setelah pihak rektorat melihat dugaan penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus. 

"Iya benar, penindakan ini atas koordinasi kami ke BNN karena melihat ada potensi penyalahgunaan narkoba di fakultas tersebut," kata Wakil Rektor V USU, Luhut Sihombing, Senin (11/10/2021) saat mengikuti pemaparan pengungkapan kasus itu di Kantor BNN Sumut. 

Luhut mengatakan pihaknya menyadari kasus tersebut akan mencoreng nama universitas. Namun tindakan tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada mahasiswa-mahasiswa lainnya yang terjerat penyalahgunaan narkoba. 

"Kami sadar betul kalau pengungkapan ini akan mencoreng nama universitas. Tapi kami memilih untuk mengungkap peredaran narkoba ini agar tak berdampak ke mahasiswa-mahasiswa selanjutnya," tambah Luhut.

Luhut mengaku lebih memilih berkordinasi dengan BNN terkait penindakan itu, karena mempertimbangkan adanya resistensi kelompok mahasiswa di kampus akan kehadiran aparat kepolisian di dalam kampus.

"Kan ada mahasiswa yang berpandangan polisi dilarang masuk kampus. Sehingga kami sengaja memilih BNN," ucapnya. 

Permintaan penindakan itu dilakukan mengingat rencana kegiatan kuliah tatap muka yang akan dimulai awal tahun depan.

"Jadi kita harap, mahasiswa yang mulai kembali kuliah nanti tidak terkontaminasi dengan peredaran narkoba," ucapnya. 

Sebelumnya diberitakan, petugas BNN melakukan penggrebekkan pesta ganja di kampus Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari 9-10 Oktober 2021. Dari penggrebekkan itu berhasil diamankan sebanyak 47 orang yang terdiri dari mahasiswa, alumni USU dan warga sekitar kampus USU.

Editor : Stepanus Purba_block

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: