Produksi Sampah di Kota Medan Capai 2.000 Ton per Hari

Antara ยท Rabu, 15 September 2021 - 15:52:00 WIB
Produksi Sampah di Kota Medan Capai 2.000 Ton per Hari
Wali Kota Medan Bobby Nasution . (ANTARA/HO)

MEDAN, iNews.id - Produksi sampah di Kota Medan tercatat sebagai 2.000 ton setiap harinya. Wali Kota Medan Bobby Nasution mengajak warga Kota Medan untuk mengolah sampah dihasilkan agar memiliki nilai ekonomis ke depannya. 

Bobby mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Medan ke depan tidak hanya sekedar mengutip dan mengantarkan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA). Namun sampah yang dihasilkan warga tersebut akan diolah menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis. 

Pemko Medan akan mengubah pola pengolahan sampah di TPA dari sebelumnya open dumping ke sanitary landfill. Fokus pengerjaan sanitary landfill saat ini difokuskan di TPA Regional di Talun Kenas, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang. Total ada 50 hektar lahan TPA Regional.

"Wilayah Medan 15 hektar. TPA Terjun tersisa empat hektar lagi, makanya harus cepat sanitary landfill di TPA regional. Walaupun TPA terjun masih open dumping tetap akan dipergunakan," kata Bobby. 

Pengolahan sampah menjadi pupuk, d bukan hanya di pasar tradisional saja melainkan di TPA juga menerapkan sistem yang sama.

"Pupuk digunakan dan hasil uji lab sudah keluar alhamdulillah hasil bagus, ini hasil nya dipasarkan ke lahan-lahan dan kecamatan yang memiliki urban farming. Ini didistrisbusikan secara free, ke kabupaten/kota juga kami kirimkan di Sumut agar bisa jadi percontohan," ucapnya. 

Meski sampah dirubah dalam bentuk yang bernilai ekonomis, Bobby belum mau berfikir terlalu jauh tentang potensi pendapatan. Hanya saja yang dilakukannya adalah fokus pengelolaan sampah. Namun dari 2.000 ton sampah Kota Medan, saat ini baru 30 ton sampah yang bisa diolah. 

"Ini skalanya masih kecil. Ke depan kami inventasi untuk pengelolaannya biar bisa menjadi pupuk," ucapnya. 

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: