Profil Bobby Nasution Walikota Medan, Paling Populer di Sumatera Utara

Sintia Putri Balqis ยท Kamis, 08 September 2022 - 06:37:00 WIB
Profil Bobby Nasution Walikota Medan, Paling Populer di Sumatera Utara
Wali Kota Medan Bobby Nasution usai menghadiri peresmian lokasi isolasi terpusat di Gedung Asrama Haji Medan, Selasa (10/8/2021). (ANTARA/HO)

JAKARTA, iNews.id - Profil Bobby Nasution Walikota Medan banyak dicari setelah menjadi menantu Presiden Joko Widodo. Walikota Medan ini meminang putri kedua Joko Widodo pada tahun 2017 silam.

Bobby Afif Nasution menjabat Walikota Medan periode 2021-2024. Dilansir dari portal resmi Pemerintah Kota Medan, Bobby Nasution menjadi kepala daerah paling populer tahun 2021. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang berhasil diraih Pemko Medan di bawah kepemimpinan Bobby. 

Berikut Profil Bobby Nasution Walikota Medan

Muhammad Bobby Afif Nasution atau yang dikenal dengan nama Bobby Nasution, lahir di Medan pada 5 Juli 1991. Pria keturunan Tapanuli ini merupakan putra dari Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (Persero) IV, Almarhum Erwin Nasution dan Ade Hanifah Siregar.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution dengan Kahiyang Ayu (Foto: Instagram/Kahiyang Ayu)
Wali Kota Medan, Bobby Nasution dengan Kahiyang Ayu (Foto: Instagram/Kahiyang Ayu)

Bobby meminang Kahiyang Ayu, putri kedua Presiden Joko Widodo pada tahun 2017. Dari pernikahan tersebut, pasangan suami istri ini memiliki tiga orang anak, Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution.

Pendidikan Bobby Nasution

Bobby Nasution menempuh di beberapa kota berbeda. Pasalnya, anak Erwin Nasution itu harus berpindah-pindah tempat tinggal mengikuti tugas sang ayah. 

Bobby menempuh pendidikan dasar di Sekolah Dasar Muhammadiyah 02, Pontianak pada 1998. Lalu dia melanjutkan pendidikan SMP dan SMA di Bandar Lampung, tepatnya di SMP Negeri 22 Bandar Lampung pada 2003 dan di SMA Negeri 09 Bandar Lampung pada 2006.

Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya, Bobby melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 2009. Dia pun langsung meneruskan pendidikan master di Magister Manajemen, Institut Pertanian Bogor pada 2015.

Karier Bobby Nasution

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution (Foto: Instagram/Bobby Nasution)
Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution (Foto: Instagram/Bobby Nasution)

Profil Bobby Nasution Walikota Medan ini, rasanya tak afdol jika tidak mengulik jenjang karier lengkapnya. Pada tahun 2016 silam, Bobby menggeluti dunia properti dan bergabung menjadi Direktur Marketing Takke Group. 

Dia menggeluti dunia properti setelah memiliki pengalaman. Salah satunya terlibat dalam pembangunan proyek Malioboro City di Yogyakarta. 

Namun, siapa sangka bahwa Walikota Medan ini pernah berkecimpung di dunia sepak bola? Bobby pernah menjabat sebagai manajer di Klub Sepak Bola Medan Jaya pada 2014. Klub Medan Jaya sempat menjadi klub hebat di era Liga Sepak Bola Utama atau yang lebih dikenal dengan sebutan Galatama. Di Bawah arahan Bobby, Medan Jaya sempat bangkit kembali dengan menduduki posisi puncak di putaran pertama grup B 

Selain menggeluti dunia properti dan pernah mendalami dunia sepak bola, Bobby juga berpengalaman sebagai Wakil Ketua Badan Pengurus Pusat Himpunan pengusaha Muda Indonesia pada 2019 hingga 2022. 

Lantas, bagaimana kisah Bobby Nasution terjun ke dunia politik?

Paslon Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan Nomor Urut 2, Muhammad Bobby Afif Nasution - Aulia Rachman tampil kasual dengan jaket denim saat debat publik perdana, Sabtu (7/11/2020). (iNews)
Paslon Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan Nomor Urut 2, Muhammad Bobby Afif Nasution - Aulia Rachman tampil kasual dengan jaket denim saat debat publik perdana, Sabtu (7/11/2020). (iNews)

Karier perdana Bobby Nasution di dunia politik bermula saat dirinya menjadi calon Walikota Medan pada Pilkada serentak 2020. Saat itu, dia menggandeng politikus Gerindra, Aulia Rachman. Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Medan ini terpilih dan dilantik pada 26 Februari 2021.

Ketika menjabat sebagai orang nomor 1 di Medan, Bobby mengerahkan seluruh tenaga dan pikirannya untuk memberikan yang terbaik. Dia telah menetapkan 5 Program prioritas utama yakni, penanganan kesehatan, banjir, kebersihan, infrastruktur, dan penataan heritage untuk segera dituntaskan demi kenyamanan masyarakat. 

Atas kerja kerasnya, Bobby menerima sejumlah penghargaan. Salah satunya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI memberikan penghargaan kepada Kota Medan sebagai Kota Layak Anak Peringkat Madya tahun 2021 dan juga mendapat penghargaan sebagai pelopor Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA).

Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI juga memberikan penghargaan Smart City kategori Smart Governance. Bobby juga meraih juara kedua atas Capaian dalam Komitmen Pengawasan dan Pengendalian untuk Pemerintah Kota Tipe A dan Capaian Dalam Implementasi Penilaian Kinerja untuk Pemerintah Kota Tipe A dalam BKN Award 2021. 

Itulah Profil Bobby Nasution Walikota Medan yang dirangkum oleh iNews.id dari berbagai sumber.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: